Dark green leaves monstera or split leaf philodendron light and shadow background.

9 Jenis Jenis Philodendron Termahal: Ciri dan Perawatan

Diposting pada

Jenis Philodendron merupakan jenis bunga yang menarik dengan ciri dan bentuk perawatan unik dengan harga murah hingga termahal, menjadi hiasan rumah kegemaran ibu-ibu.

Beritaku.id, Berita Budaya – “Keharusan masyarakat untuk bertahan di rumah membuat mereka saling berlomba untuk mempercantik hunian dengan aneka dekorasi. Tak hanya menghijaukan suasana, philodendron menjadi salah satu jenis tanaman yang kini diminati para kolektor tanaman hias.”

Oleh: Veronika(Penulis Berita Budaya)

Selama masa pandemi, banyak orang yang saling berlomba mengisi kegiatan sehari-hari di rumah dengan bercocok tanam. Salah satu tanaman hias yang sedang populer saat ini adalah philodendron. Punya bentuk yang unik dan cantik, philodendron sangat pas menjadi pilihan dekorasi hidup baik interior maupun eksterior sebuah bangunan hunian kekinian.

Philodendron merupakan genus dengan anggota terbanyak kedua dari family Araceae. Meskipun tengah digandrungi banyak orang, tanaman ini masih memiliki banyak spesies yang belum terdeskripsikan.

Ternyata nama philodendron berasal dari bahasa Yunani, yaitu “philo-“ yang berarti “cinta dan kasih sayang” serta “dendron” berarti “pohon”. Kemudian nama generik philodendron kerap menjadi sebutan dalam bahasa Inggrisnya.

Ciri Khas Jenis Philodendron Termahal

Philodendron merupakan tanaman hias yang kuat dan memiliki toleransi untuk tumbuh pada tempat yang tidak kondusif. Perlu tahu, philodendron adalah tanaman epifit yang berarti hidupnya menumpang dengan tumbuhan lain. Tak seperti parasit philodendron akan mencari zat yang diperlukannya untuk hidup dan berkembang.

Tanaman philodendron memiliki ciri khas pada bentuk atau morfologinya. Ciri tersebut terletak pada tempat hidup, akar, batang, daun dan bunga.

1. Tempat hidup

Habitat asli philodendron adalah lantai hutan tropis, tepatnya di antara pepohonan yang mendapatkan pencahayaan sedang. Oleh sebab itu, tanaman ini dapat hidup di tempat bercahaya rendah, dengan konsekuensi pertumbuhan daun baru yang kurang maksimal atau cenderung lebih kecil dan tangkai daun lebih panjang.

Intensitas cahaya yang terik dan menyengat akan berdampak buruk pada philo. Daunnya bisa terbakar dan pertumbuhannya dapat terhambat.

Dengan kisaran suhu 24-29℃ dan kelembapan sekitar 50-70%, tanaman philodendron dapat tumbuh dengan baik. Mengingat hal tersebut, tanaman ini dapat tumbuh cukup baik di dalam rumah. Supaya tetap subur dan menghasilkan daun mengkilap, pengabutan regular dapat dilakukan untuk menciptakan tingkat kelembapan yang cukup stabil.

2. Akar

Tumbuhan philodendron memiliki tipe akar serabut dengan warna kecokelatan dan cenderung gemuk.

Sebagian akarnya akan tertanam di dalam tanah, sementara lainnya adalah akar udara atau aerial root. Akar yang tertanam berguna sebagai penopang tumbuhan serta mencari kebutuhan makanan di media  tanamnya. Sementara akar udaranya tumbuh pada setiap ruas batang sehingga berfungsi untuk mencengkeram inang atau rambatan lainnya. Biasanya jenis philodendon merambat memiliki akar udara.

3. Batang

Philodendron adalah tumbuhan yang memiliki batang beruas, bukan berkayu. Setiap ruasnya terdapat tangkai daun dan mata tunas. Umumnya terdapat satu batang daun pada setiap ruasnya.

Berdasarkan tipe batangnya, philo bertipe tegak dan merambat punya ciri yang sangat berbeda. Philo tipe tegak cenderung memiliki panjang batang yang cukup terbatas. Berbeda dengan philo yang merambat, tipe ini mampu menumbuhkan batangnya lebih dari 3 meter.

4. Daun

Keindahan pada bagian daun tumbuhan jenis philodendron menjadi daya tarik tersendiri bagi para kolektor tanaman hias. Bentuk, warna dan tekstur daun philo sangat variatif.

Beberapa bentuk daun philodendon yang kerap terlihat, yaitu oval, hati, bulat dan menjari. Warnanya tak hanya hijau, beberapa ada yang kuning, ungu, merah dan kehitaman.  Biasanya, beberapa permukaan daunnya cenderung mengkilap namun ada juga yang bertekstur kasar.

Apabila diperhatikan, philo memiliki tangkai daun berukuran lebih kecil daripada luas permukaan daunnya. Ada juga yang punya tampilan menarik dengan warna mencolok dan kontras antara tangkai dan daunnya.

5. Bunga

Beberapa dari kita mungkin tak tahu bahwa tanaman philodendron memiliki bunga. Philo merupakan tanaman berumah satu atau monoesis yang berarti bahwa pada satu batangnya terdapat bunga berjenis kelamin betina dan jantan. Serbuk sari pada philo terletak di atas tongkol, sedangkan putiknya ada di bagian bawah.

Saat bunga betina matang dan seludang terbuka, bunga jantan juga akan matang dengan selisih dua hari setelahnya. Seludang milik tanaman tersebut punya tekstur yang kaku dengan beragam warna. Seludang ini biasanya berwarna hijau, kuning atau putih.

Baca Juga Beritaku: Paphiopedilum Haynaldianum Yang Imut Pada 10 Jenis Anggrek

Bentuk dari Ciri  Jenis Philodendron Termahal

Setidaknya saat ini lebih dari 200 jenis philodendron sudah berhasil teridentifikasi. Tak semuanya masuk ke dalam tanaman hias daun, mayoritas masih menjadi tanaman liar yang ada di hutan tropis.

Di Indonesia, beberapa spesies menjadi tanaman hias yang cantik. Berikut ini merupakan 10 jenis philodendron yang saat ini tengah menjadi incaran masyarakat pecinta tanaman hias.

1. Philodendron Moonlight

Philodendron Moonlight

Bentuk daun jenis moonlight cenderung oval dengan ujung meruncing. Permukaan daunnya mengkilap dan ukurannya tak terlalu besar sehingga cocok ditempatkan di meja. Daun philo moonlight muda berwarna kuning lembut bak cahaya bulan.

2. Philodendron Selloum

Philodendron Selloum

Jenis philodendron selloum punya istilah lain, yaitu philodendron jari. Bentuk darunnya yang menyerupai jari manusia tampak sangat indah. Tak hanya berguna sebagai tanaman hias saja, helaian daun philo jari juga menjadi bahan dekorasi bunga potong.

3. Philodendron Burgundy

Philodendron Burgundy

Jenis burgundy merupakan philo tipe tegak yang berubah merambat setelah dua tahun. Tergolong sebagai spesies philo yang langka, harga jualnya menjadi sangat mahal. Varietas philo burgundy yang lebih murah punya daun tanpa corak warna pink sehingga kurang menarik.

4. Philodendron Eceng

Philodendron Eceng

Unik, bentuk philodendron eceng menyerupai tanaman eceng gondok. Bagian tangkai daun tanaman ini menggembung hingga menyerupai paha katak. Kabarnya semakin gemuk tangkainya maka harganya akan semakin tinggi juga.  Daunnya hijau mengkilap dengan bentuk meruncing, melebar dan bergelombang.

5. Philodendron Kongo

philodendron kongo

Philodendron Kongo atau Congo Rojo merupakan tipe tegak berdaun oval meruncing yang kaku. Biasanya spesies ini menjadi tanaman hias gantung  atau penghias teras. Terdapat tiga warna dari spesies philo kongo ini, yaitu ungu kehitaman (black congo), kemerahan (red congo) dan hijau (green congo).

6. Black Emerald

philodendron black emerald

Pada tahun 2020, spesies philo black emerald dijual dengan harga yang sangat mahal. Bukan tanpa alasan, hal tersebut karena warna hitamnya dianggap mistis. Warna hitam pada daun dan tangkai daunnya yang panjang ternyata merupakan bentuk perubahan dari warna kemerahan saat masih muda. 

7. Philodendron Emerald Green

philodendron green emerald

Spesies philo emerald green merupakan tipe philo merambat. Warna daunnya kuning cerah dan bentuknya oval memanjang. Sebenarnya spesies ini merupakan tumbuhan liar sehingga tak banyak diminati oleh pecinta tanaman hias.

8. Philodendron Marble dan Marble Variegata

philodendron marble variegata

Meskipun punya tampilan yang menyerupai tanaman talas, philodendron marbel punya tangkai daun yang kuat dan akar udara.

Masih punya nama depan marbel, spesies marble variegata punya perbedaan pada warna daunnya. Perubahan warnanya menjadi belang-belang memberikan tampilan unik dan cantik pada spesies ini.

9. Philodendron Pisang

philodendron pisang Jenis Termahal

Termasuk ke dalam tanaman yang jarang dimiliki pecinta tanaman hias, philodendron pisang punya bentuk yang cukup unik. Daunnya oval memanjang dengan tangkai yang cukup panjang sehingga bentuknya menyerupai pohon pisang berukuran mini.

Baca Juga Beritaku: Mengenang Ibu Negara Ke-2 Dengan Anggrek Hartinah dan Larat

Cara Perawatan

Supaya tumbuh baik dan subur, berikut ini merupakan perawatan yang tepat untuk tanaman philodendron.

  • Letakkan tanaman di tempat dengan paparan sinar matahari cukup

Pastikan tanaman ini diletakkan di tempat yang cukup terang namun tak terpapar sinar matahari secara langsung. Philo yang terpapar cahaya matahari banyak akan membuat daunnya berubah warna menjadi menguning secara bersamaan.

Apabila philo tak mendapat cahaya cukup, pertumbuhannya akan terhambat. Hal ini terlihat pada bagian batangnya yang berkerut dan tumbuh panjang.

  • Siramlah secara rutin

Philo adalah tanaman yang toleran terhadap kondisi tempat hidupnya namun pastikan kita tetap menjaga kelembapan tanahnya. Supaya perkembangannya tak terganggu, penyiraman 2-3 kali seminggu sangat pas untuk philo yang hidup di dalam ruangan.

Hindarilah penyiraman yang membuat tanaman philodendron tergenang. Apabila hal ini terjadi, batang philo akan membusuk dan tumbuhan akan mati.

  • Berikanlah pupuk khusus untuk tanaman daun

Dalam setahun, berikanlah pupuk khusus untuk tanaman daun. Jenis pupuk cair khuu sangat direkomendasikan, supaya tanaman ini dapat membesarkan daun dan menjaga warnanya. Perubahan warna daun menjadi lebih pucat ternyata merupakan tanda bahwa philo kurang nutrisi.

  • Lakukanlah perkembangbiakkan

Umumnya jenis tanaman pholidenron ditanam di dalam pot. Keterbatasan ruang membuat perkembangbiakkan menjadi salah satu cara supaya pertumbuhannya tidak terganggu.

Perkembangbiakkan tanaman ini dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu stek bonggol, stek batang dan pemisahan anakan.

Jenis Philodendron Termahal

Semakin mahal harga tanaman jenis philodendron maka semakin cantik warna dan bentuknya. Berikut ini merupakan beberapa spesies termahal tahun ini!

1. minima variegata

Philodendron Minima Variegata Jenis Termahal

Philodendron minima variegata atau mini monstera atau Piccolo termasuk ke dalam salah satu spesie philo yang dibanderol dengan harga selangit. Seorang ahli botani dari Selandia Baru pernah menjual spesies ini dengan harga USD 8,150 atau setara dengan Rp 114 jutaan.

2. Philodendron pink princess

philodendron pink princess, Jenis Termahal

Kelangkaannya membuat spesies pink princes terjual dengan harga yang mahal. Pada daunnya terlihat dua spektrum warna, yaitu pink dan hijau gelap. Hal ini terjadi karena mutasi genetik atau variegata.  Tanaman philo tersebut berhasil terjual dengan harga Rp 3 jutaan.

3. Monstera Adansonii Variegata Impor dari Jepang

Philodendron Monstera Adansonii Variegata

Spesies philo yang satu ini punya daun berbentuk oval. Ciri khas dari monstera adansonii variegata impor Jepang tersebut terletak pada lubang alami pada setiap dannya. Harga philo tersebut mencapai Rp 50-60 jutaan.

4. Monstera Variegata

Jenis Philodendron Termahal

Cukup fenomenal, tumbuhan philodendron monstera variegata termasuk ke dalam jenis yang mahal. Peminatnya yang cukup banyak membuat monstera ini terjual seharga Rp 1,5-10 jutaan. Tanaman philo ini punya bentuk daun yang unik dengan gradasi warna putih.

5. Philodendron Paraiso Verde

Paraiso Verde adalah salah satu philo dengan harga yang mahal. Di Indonesia, tanaman ini dijual berdasarkan besaran daunnya. Semakin besar maka semakin mahal harganya. Spesies Paraiso Verde ini punya bentuk daun runcing melebar dengan warna yang cantik dan juga indah.

6. Half Moon Philodendron Pink Princess

Sejak tahun 2019, philodendron jenis halfmoon pink princess sudah terjual dengan harga mahal di pasar internasional. Untuk ukuran pot kecil, Etsy pernah menjualnya dengan harga Rp 10 jutaan.

7. Florida Beauty

Jenis Philodendron Termahal

Spesies florida beauty pernah terjual dengan harga Rp 10 jutaan tiap potnya. Harga setiap daun tumbuhan ini mencapai Rp 2 juta.

Demikian artikel mengani jenis dan bentuk Philodendron Termahal yang ada pada bumi

Baca Juga Beritaku: 13 Kegunaan Bunga Edelweis: Klasifikasi, Arti dan Makna

Bagikan Ke