Kontroversi Mutasi ASN Makassar, Bastian Lubis Minta Isi Surat Rekomdasi Kemendagri Dipublikasikan

Kontroversi Mutasi ASN Makassar, Bastian Lubis Minta Isi Surat Rekomendasi Kemendagri Dipublikasikan

Diposting pada

BERITAKU.ID, Bebas dan lepaslah, sebab tak selamanya langit mengabarkan duka dan luka, riak dan menjejaklah sebab tak seterusnya hidup menelurkan peluh dan keluh. Mutasi ASN Makassar.

Sekiranya ada 1.073 ASN Pemerintah Kota Makassar yang dilantik oleh Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb pada hari Jumat 26 Juli 2019 kemarin, kini menimbulkan kontroversi dan banyak tanggapan dari berbagai kalangan.

Salah satumya dari Pakar Pemerintahan, Bastian Lubis yang menganggap pembatalan SK mutasi milik Danny Pomanto keliru dan beresiko mengacaukan tata kelolah pemerintahan. Ia juga menyebut terkait masalah mutasi yang dilakukan Danny seharusnya PT-TUN tau soal itu.

“Aturannya jelas, bila kemudian ada pejabat yang tidak menerima terkait mutasi yang pak Danny lakukan ketika itu, seharusnya aspirasi itu tersampaikan ke PTTUN, disitulah kemudian PT-TUN yang memutuskan, apakah mutasi tersebut keliru atau memang sudah benar adanya,” kata Bastian Lubis, Sabtu (27/7/2019).

Terkait banyaknya ASN yang dilantik oleh Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, Bastian menegaskan jangan anggap remeh, karena bisa saja menimbulkan banyak kekacauan.

“Ada 1073 jabatan yang SK-nya dianulir, ini berarti ada kegiatan pemerintahan yang tidak dianggap Sah, kan seperti itu. Misalnya dengan aktifitas di BPK, bagaimana dengan aktifitas-aktifitas keuangan yang sudah terlanjur berjalan, ada Milyaran, itu bagaimana pertanggung-jawabannya, bila kemudian segala aktifitas itu dianggap ilegal ketika dalam hal ini, pelantikan pelaksananya, SK-nya dibatalkan. Jadi jangan main-main soal ini,” tegas Bastian.

Bastian minta isi surat rekomendasi tentang pembatalan SK mutasi Danny Pomanto disampaikan secara umum oleh Iqbal Suhaeb

“Jadi yang tersampaikan ke publik adalah bahwa Mutasi tersebut dibatalkan karena tak sesuai aturan. Dan kemudian membutuhkan rentang waktu setahun, dibatalkan begitu saja, disaat pak Danny sudah tidak menjabat lagi. Jadi seolah pak Danny ini yang kemudian dicitrakan sebagai orang yang salah atau pun orang yang tidak berhak melakukan evaluasi serta mutasi pada masanya ketika menjabat. Sementara yang menjadi dasar dari dianulirnya mutasi ini, yaitu rekomendasi berupa Surat dari Mendagri itu tidak pernah di perlihatkan ke publik, minimal kita bisa mengerti isinya seperti apa, apa memang benar ada rekomendasi seperti itu dari Mendagri,” ungkap Bastian Lubis.

Perihal nasib pejabat yang mengalami rotasi jabatan dalam pelantikan yang dilakukan oleh Pj Wali Kota, Iqbal kemarin, ia menyebut pejabat tersebut bisa dimenangkan PT-TUN.

“Kalo keadaannya seperti ini, kemudian mereka (para pejabat) ada yang merasa tidak puas dengan rotasi yang terjadi ini, silahkan perjuangkan aspirasi ke PT-TUN, dan saya yakin, sangat yakin mereka akan berada di pihak yang dimenangkan,” tutup Bastian Lubis.

sementara itu, sebelumnya mantan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menentang hal tersebut ke media beberapa pekan lalu yang mengungkapan bahwa dirinya mengaku tak melanggar dalam mutasi yang dilakukan di Pemkot Makassar.

“Pertama, saya tak pernah merasa melanggar undang-undang. Undang-undang ASN mengatakan bahwa ASN eselon III dan IV itu haknya kepala daerah. Eselon II izin dan lelang. Kita sudah laksanakan semua itu,” kata Danny ditemui di rumahnya, Jalan Amirullah, Makassar, Kamis (17/7/2019). (*)

Editor: Dicky Minion

5 komentar

  1. When you have a junker to sell, there are things you can do to
    hurry up or slow down the sale process. Because they have not any use for the autos, most owners need to “sell my junk automotive in Austin, Texas,” as quickly
    as attainable – often to earn money towards
    a down fee on a brand new set of wheels. It is best to keep away from attempting to improve the condition of the vehicle for two
    causes: You are spending money on a vehicle you will never use once more, and the
    whole amount you make investments within the automobile probably won’t be mirrored within the sale price.
    Let the salvage yard know what proof of ownership you’ll use before the sale moves
    forward. Most sellers use a car title for proof of possession, but you too can use any of
    the following legal documents: public sale sales receipt, mechanic’s lien, storage lot lien, or repossession affidavit.
    Professionally operated junkyards require you to prove you personal a car earlier than they buy it.
    In this text, we checklist three measures you
    may take to “promote my junk automobile in Austin, Texas,” as shortly as possible, and receive
    hundreds of dollars to make use of to your subsequent car.

  2. Hello! I realize this is sort of off-topic however I needed to ask.
    Does building a well-established website like yours require
    a large amount of work? I am completely new to operating a blog but I do write in my diary
    daily. I’d like to start a blog so I can easily share
    my own experience and views online. Please let me
    know if you have any kind of recommendations or tips for brand new aspiring blog owners.
    Thankyou!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *