Monstera
Salah Satu Jenis Monstera

Monstera, Tanaman Hias Berharga Fantastis Dan 12 Jenisnya Yang Populer

Diposting pada

Monstera adalah tanaman hias yang lagi hits belakangan ini, di seluruh dunia. Bukan hanya karena bentuknya yang unik, namun juga karena harganya yang fantastis bombastis!. Salah satu dari jenisnya yang populer di Indonesia, adalah “Janda Bolong”.

Beritaku.id, Lestari – Bumi tercipta dengan berbagai keindahannya yang luar biasa. Salah satu bentuknya terlihat dari tanaman hias ini, sebagai spesies unik yang mampu membuat manusia terpesona oleh kecantikannya.

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Lestari)

Perbedaan Monstera & Janda Bolong

Janda Bolong - Monstera
Salah Satu Jenis Janda Bolong

Berdasarkan jenisnya, tanaman hias ini memiliki kurang lebih sekitar 45 varietas. Walaupun terbilang cukup banyak, namun hanya beberapa yang populer di Indonesia.

Salah satu yang cukup trending adalah jenis yang mendapat sebutan “Janda Bolong”

Banyak orang yang mengira, bahwa “Janda Bolong” dan Monstera adalah dua jenis tanaman yang sama.

Padahal, anggapan tersebut salah besar. Istilah tersebut sebenarnya hanyalah julukan untuk beberapa jenis dari tanaman ini, yang daunnya bolong. 

Namun sebenarnya, ternyata memang tidak semua jenis tanaman hias ini berdaun bolong. Banyak juga yang berdaun daun utuh atau memiliki belahan, yang sekilas tampak seperti bolongan. 

Tanaman hias ini sendiri merupakan sejenis tumbuhan merambat, yang dapat menempel pada pohon atau bidang lain. Dan salah satu hal kenapa tanaman ini menjadi hits di dunia, karena harganya yang selangit!

Jika kamu penasaran dengan jenisnya yang paling mahal tersebut, yuk, kita lihat 10 daftarnya berikut ini.

1. Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa
Varietas Deliciosa

Tanaman yang memiliki nama lain “Swiss Cheese Plant” atau “Split Leaf Philodendron” ini, merupakan salah satu yang termahal di dunia.

Ciri khas daunnya yang lebar bercelah, serta warnanya yang hijau mengkilat, menjadikan tanaman hias ini memiliki banyak penggemar. Nyatanya, memang banyak orang yang rela merogoh kocek mereka, untuk membayarnya hingga ratusan juta rupiah.

Memang tidak semua jenis “Swiss Cheese Plant” atau “Split Leaf Philodendron” ini berharga fantastis. Ada juga yang harganya masih sekitar satu jutaan. Semuanya tergantung dari ukuran, umur, dan warnanya.

Apabila daunnya memiliki pola warna yang unik, maka harganya juga akan menjadi lebih mahal. Karena pada dasarnya, jenis Deliciosa ini memiliki warna dan pola daun yang berbeda-beda.

2. Monstera Borsigiana

Monstera Borsigiana
Varietas Borsigiana

Walaupun memiliki warna daun hijau tua yang terlihat identik, namun tetap ada perbedaan antara Borsigiana dan Deliciosa. Perbedaan tersebut dapat terlihat dari kecepatan tumbuhnya, ukuran, struktur batang, dan juga harganya.

Borsigiana dapat tumbuh lebih cepat, dan berukuran lebih kecil, walaupun keduanya merupakan jenis tanaman rambat yang sama. Karena ukurannya yang kecil, struktur batang Borsigiana lebih lunak, sehingga dapat  tumbuh lebih menjuntai. 

Hal tersebut membuatnya cocok menjadi tanaman yang berfungsi sebagai pelengkap dekorasi ruangan, baik  indoor maupun outdoor. Selain itu, Deliciosa juga memiliki harga yang lebih mahal, dari Borsigiana.

Terlepas dari semua perbedaan tersebut, keduanya memiliki ciri khas yang sama, yaitu pada belahan daunnya yang rapi. Seolah seperti hasil dari sayatan halus, yang menggunakan gunting.

3. Monstera Obliqua

Monstera Obliqua
Varietas Obliqua

Jenis Obliqua merupakan yang paling langka keberadaannya. Tanaman menakjubkan ini memiliki ciri khas, berupa motif lubang besar pada hampir seluruh badan daunnya. Oleh sebab itu, helai daunnya terlihat lebih tipis daripada jenis lainnya.

Jenis tanaman hias ini juga memiliki ukuran daun yang kecil, dengan permukaannya yang bertekstur halus. Karena ukurannya yang mungil, tanaman hias ini sangat cocok menjadi properti dekorasi meja maupun ruangan. 

Selain itu, sebaiknya tidak meletakkan benda lain di sekitar tanaman ini, karena daunnya yang tipis, sangat mudah sobek saat terkena sesuatu. Fakta lain yang membuat Obliqua semakin  istimewa adalah, spesimennya hanya berjumlah 17 di dunia!

4. Monstera Dubia

Jenis Dubia
Varietas Dubia

Dubia juga merupakan salah satu jenis dari tanaman langka, yang tidak  memiliki lubang pada daunnya, seperti jenis yang lain. Namun walaupun begitu, bentuknya tetap unik, karena memiliki motif alami, yang dapat terlihat dari tulang daunnya.

Ciri lain dari jenis Dubia adalah,bentuk daunnya yang agak bundar mengerucut  pada salah satu ujungnya. Selain itu, ukuran daunnya juga relatif lebih kecil, dan bentuknya menyerupai hati berwarna hijau dan putih.

Tanaman hias ini tumbuh layaknya tanaman merambat, hanya saja daun dan batangnya berukuran agak lebih pendek. Dubia juga akan terlihat sangat indah, saat tumbuh merambat pada bidang datar seperti pagar atau pepohonan.

Karena termasuk dalam tanaman yang sulit tumbuh, maka tidak heran jika harganya menjadi mahal. Saat ini, harganya dapat mencapai hingga belasan juta rupiah.

Baca juga beritaku: Monstera Utuh

5. Monstera Variegata

Jenis Variegata
Varietas Variegata

Karena termasuk dalam kategori tanaman yang sulit untuk dibudidayakan, menjadikan Variegata sebagai salah satu tanaman termahal di dunia. Di Indonesia sendiri, harganya dapat mencapai belasan atau puluhan juta rupiah.

Oleh karena itu, tanaman hias yang sempat hits ini merupakan jenis yang paling populer, terutama di tahun 2020. Bukan hanya kolektor, namun  blogger, vlogger, dan juga banyak artis yang memburu keberadaannya.

Varietas Variegata ini juga  memiliki warna daun yang cukup unik, yaitu berupa dua kombinasi warna hijau dan putih. Kombinasi warna tersebut juga menjadi yang paling laku, daripada yang lainnya. Hasil dari warna putihnya, berasal dari mutasi genetik yang terjadi secara alami.

6. Monstera Adansonii

Jenis Adansonii
Varietas Adansonii

Janda Bolong  yang sedang populer ini, lebih banyak varietasnya di Indonesia, daripada Obliqua. Ciri dari Adansonii yang sangat khas adalah,  jumlah lubangnya yang hampir memenuhi lima puluh persen dari permukaan daunnya.

Selain itu, tekstur daunnya juga lebih tebal dan kasar daripada Obliqua, namun dengan ukuran daun yang lebih kecil. Hal menarik lainnya adalah, warnanya yang kehijauan bergradasi, sehingga terlihat sangat indah dan memanjakan mata.

Adansonii juga memiliki nama lain di Indonesia, yaituMonstera Topeng Monyet”. Dan selama masih bertumbuh, batang nya dapat menjuntai dengan indahnya. Hal tersebut menjadikannya terkenal sebagai tanaman gantung, dan juga tanaman hias yang cukup menarik.

Apabila ingin menggantungnya pada ruangan terbuka, sebaiknya tetap menggunakan pelindung di atasnya. Mengingat Adansoni adalah jenis tanaman merambat yang tidak menyukai paparan matahari secara langsung.

7. Monstera Pinnatipartita

Jenis Pinnatipartita
Varietas Pinnatipartita

Varietas Pinnatipartita memiliki daun berukuran ekstra besar, dan juga mengkilap. Ciri khas yang lainnya adalah, terdapat celah yang menyerupai lubang pada daunnya. Selain itu, batang daunnya juga terlihat kokoh, dan memiliki warna hijau zamrud yang indah. 

Tanaman hias yang sekilas mirip dengan Deliciosa ini, berasal dari hutan hujan di Amerika Selatan. Jenis Pinnatipartita termasuk dalam jenis yang langka, sehingga harganya juga tidak murah. 

Walaupun jenisnya masuk dalam kategori tanaman hias, namun memiliki zat yang dapat beracun jika tertelan. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah tempat yang tepat untuk meletakkannya, sehingga tidak mudah terjangkau oleh anak-anak maupun hewan peliharaan.

Selain itu, alangkah baiknya untuk meletakan tanaman hias ini di tempat yang agak luas, mengingat ukurannya yang cukup besar. Sehingga upaya untuk memaksimalkan pertumbuhannya, dapat tercapai dengan lebih sempurna.

8. Monstera Siltepecana

Jenis Siltepecana
Varietas Siltepecana

Varietas cantik ini memiliki bentuk khas, karena pada bagian daunnya yang besar memiliki lubang-lubang berukuran kecil. Sekilas menyerupai tetesan air mata, yang terkonsentrasi di bagian tengah daunnya. 

Di alam bebas, Siltepecana dapat tumbuh dari pangkal pohon, dan akan terus tumbuh besar hingga mencapai puncak. Namun, lain halnya jika akan menempatkannya di dalam ruangan. Walaupun tetap akan tumbuh, namun ukurannya tidak akan pernah menjadi sebesar di alam bebas. 

Siltepecana juga memiliki warna perak keabuan pada daunnya, sehingga mendapat julukan lain sebagai “Silver Monstera”. Selain itu, daunnya juga memiliki kesamaan dengan Deliciosa. Hal itu membuatnya mendapat julukan kedua yang lain, yaitu “Silver Queen Philodendron”.

Oleh karena bentuknya yang unik, dan juga keberadaannya yang cukup langka, akhirnya membuat nilai jual Siltepecana menjadi sangat tinggi. 

9. Monstera Acuminata

Jenis Acuminata
Varietas Acuminata

Ketika baru tumbuh, daun Acuminata akan berbentuk menyerupai hati,yang berukuran kecil dan tebal. Selain itu, bentuk tumbuhnya pun cukup unik, karena daunnya saling bertumpang tindih pada batangnya. 

Namun saat mulai beranjak dewasa, bentuknya akan mengalami perubahan, hingga mirip seperti Deliciosa. Tumbuhan rambat yang memiliki akar Ageotropic ini, batang pohonnya dapat tumbuh hingga ketinggian 20 meter.

10. Monstera Karstenianum

Jenis Kartenianum
Varietas Kartenianum

Tanaman ini memiliki daun hijau, yang memiliki tekstur timbul seperti huruf braille. Karstenianum juga memiliki batang yang panjang dan berputar, layaknya tanaman merambat. Sebagai tanaman hias pada umumnya, fungsinya juga dapat berguna sebagai dekorasi gantung.

Karstenianum juga memiliki julukan lain sebagai Monstera Peru”, yang sekilas mirip dengan daun sirih. Tanaman ini juga cukup mudah dalam perawatannya, selama dapat melakukan penyemprotan secara teratur. 

11. Monstera Standleyana

Jenis Standleyana
Varietas Standleyana

Umumnya tanaman Standleyana memiliki beberapa bercak putih yang tersebar pada helai daunnya. Namun ada juga yang memiliki warna lainnya, seperti hijau dan garis kuning muda yang sangat indah mempesona.

Tanaman hias cantik ini berasal dari Kosta Rika. Walaupun tidak terlalu besar, namun variasi daunnya cukup unik, karena memiliki pola bercak atau garis yang berbeda-beda. Standleyana juga mudah dalam perawatannya, sehingga harganya tidak setinggi jenis lainnya.

Daunnya yang tebal, dapat  tumbuh  hingga sepanjang 20 cm, seperti tanaman merambat pada umumnya. Apabila ingin membuatnya sebagai hiasan, sebaiknya lilitkan pada suatu benda, agar tumbuhnya dapat lebih terbentuk dengan rapi. 

12. Monstera Epipremnoides

Jenis Epipremnoides
Varietas Epipremnoides

Epipremnoides memiliki ukuran daun dan lubang daun yang sedikit lebih besar dari jenis lainnya, yaitu Adansonii. Dan seperti pada tanaman hias yang berlubang umumnya, jenis Epipremnoides memiliki julukan “Swiss Cheese Plant”. Pasalnya adalah, karena lubangnya yang menyerupai keju Swiss.

Jenis tanaman ini bukan termasuk yang langka. Namun salah satu dari keunikannya adalah, ketika mulai menua, lubang daunnya akan mulai menghilang secara bertahap. Hingga pada akhirnya, bentuk daunnya akan berubah bentuk menjadi lebih menyirip.

Penutup

Alasan utama yang menyebabkan Monstera menjadi “tanaman para sultan” adalah, karena memiliki ciri dan keunikannya tersendiri. Yang paling jelas, terlihat pada helai daunnya yang tidak biasa, baik itu berupa lubang, bercak dan tekstur yang langka. 

Oleh karena itu, tidak heran jika varietas ini menjadi tanaman hias yang cukup bergengsi di mata dunia. Harganya tidak hanya mencapai ratusan ribu, namun dapat mencapai hingga ratusan juta, jika termasuk sebagai tanaman langka.

Referensi

  1. Monstera Standleyana: Exotic Variegated Vine – Gardening Brain
  2. Monstera Karstenianum – Plantophiles
  3. Top 11 Most Expensive House Plants – Gardening Elsa
  4. Monstera Deliciosa Pricing: Here’s What to Expect – Plantophiles
  5. Monstera Deliciosa Vs. Borsigiana – Garden For Indoor
  6. Monstera Deliciosa Albo Variegata – Thursd
  7. Six of the Most Expensive House Plants – The Spruce
  8. Monstera Varieties: The Ultimate Guide – Monster Plant Resource
  9. Images of Monstera Pinnatipartita – Choose Your Plant
  10. Monstera Siltepecana A Rare Evergreen Plant – Gardening Brain
  11. Monstera Epipremnoides Care – Plantophiles

Bagikan Ke