Pidato Singkat Naratif
Pidato Presiden Arab Saudi, Raja Salman

Pidato Singkat Naratif Untuk Kegiatan Edukatif

Diposting pada

Dalam berbagai kegiatan termasuk kegiatan edukatif atau pendidikan, maka sebuah pidato naratif dalam waktu singkat seseorang biasanya membutuhkan konsep teks menarik, berikut beberapa contoh menarik.

Beritaku.id – Organisasi dan Komunikasi, Pidato Singkat Naratif merupakan sebuah narasi komunikasi publik. Yang menjelaskan tentang bagaimana sebuah pidato secara singkat kita buat dengan menggunakan susunan waktu yang baik. Sebagaimana penjelasan Konsep Pidato.

Oleh: Walid Kaishar (Penulis Organisasi Dan Komunikasi)

Dalam perkembangannya kegiatan pidato dengan gaya intonatif maupun dengan gaya diplomatis, biasanya menjadi sebuah cara penyampaian pesan kepada publik. Tergantung yang mana yang menarik buat anda. Apakah memakai gaya Jokowi yang melembut. atau meniru Soekarno dengan gaya orasi.

Baik berupa sambutan, pidato dan sebagainya. Dalam kegiatan pidato secara naratif dengan singkat, bisa menjadi sebuah pilihan demi menciptakan sebuah proses penyampaian gagasan yang menarik perhatian. Tentu ini merupakan prestise.

Pidato Naratif secara singkat dapat kita jelaskan sebagai proses menceritakan secara kronologis sebuah peristiwa secara detail. Dengan menggunakan bahasa sesuai dengan alur cerita atau kronologi.

Meskipun ini merupakan bagian dari bentuk informatif, namun jenis ini berdiri sendiri. Sebab proses menjelaskan secara kronologis membutuhkan kemampuan untuk memaparkan secara detail.

Sumber: Beritaku.id

Dari pengertian tersebut diatas, maka bahasan artikel ini adalah pembuatan sebuah naskah teks edukatif yang sesuai dengan alur cerita maupun kronologi.

Berbagai Macam Judul Pidato Naratif Secara Singkat

Demi memudahkan kita untuk membedakan pidato naratif maupun pidato jenis lainnya, maka pembahasan kali ini adalah dengan menggunakan narasi peristiwa secara langsung, yang menjelaskan tentang waktu proses kejadian (kronologi).

Pidato Narasi Presiden Jokowi
Pidato Jokowi Pada Sidang PBB

Sebab pidato narasi adalah menjelaskan peristiwa, urutan waktu ke waktu. Misalnya ketika pagi, saya keluar dari kamar, setelah itu saya keruangan tamu, setelah itu saya kembali lagi kekamar, sebab saya lupa mengambil handphone saya.

Jadi naratif itu menjelaskan dengan urutan peristiwa, bertingkat dan terstruktur.

Selanjutnya, Kata pembuka (Mukadimah) dalam sebuah teks pidato tidak jauh berbeda dengan ceramah maupun kultum, pada intinya kata-kata awalan harus lebih variatif, maka kita dibutuhkan membuatnya dengan variasi bahasa yang berkesan. Untuk variasi pidato bisa kita ambil dari artikel Mukadimah Pidato Singkat. Tinggalkan gaya lama.

Apapun judul atau bentuk pidato secara singkat, maka teks awal pembukaan harus teratur dengan baik, berupa pidato naratif maupun deksriptif.

Setelah itu Isi Pidato naratif lebih menekankan pada waktu yang secara detail. Sehingga membentuk sebuah alur yang jelas.

Maksudnya seperti ini: sebuah narasi akan lebih menarik jika mulai menjelaskan dari mana (tempat/waktu) dan akan kemana (tempat/waktu lain).

Contoh Pidato Naratif

Berikut Beberapa Contoh Pidato Naratif yang bisa menjadi bahan perbandingan kita dalam hal pidato pendidikan (edukatif), yakni:

Pidato Kenakalan Remaja
Contoh Kenakalan Remaja

Teks Pidato Tentang Kenakalan Remaja Singkat

Berikut contoh teks pidato secara singkat yang membahas kenakalan remaja dengan bentuk narasi.

Mukadimah

Mukadimah sama dengan awalan atau kata pembuka, ini bukan basa basi. Tapi ini adalah memberikan atau mengucapkan syukur kepada Allah SWT, Rasulullah, Para hadiri dan sebagainya.

Sebab tidak lebih tinggi Kepala Sekolah dibandingkan Nabi Muhammad, begitupun Allah SWT jauh lebih tinggi dari Rasulullah Muhammad SAW.

Assalamu Alaikum Warahmatullah Wabarakatu

Alhamdulillah Robbil Alamin Wassalatu Wassalamu Ala Asyrafil Anbiya,i Wal Mursalim, Syaiydina Muhammadin Sallallahu Alaihi Wasallam, Amma Ba’du.

Bahkan kepakan sayap burungpun tidak akan pernah terjadi tanpa kekuasaan Allah SWT, sebab planet-planet yang berputar mengitari bumi adalah kekuasaan Alllah. Mengatur Tata Surya yang besarnya luar biasa adalah ke Maha Kuatan Allah SWT, apalagi kalau hanya mengurus pribadi kita yang kecil ini.

Untuk itu mari mensyukuri hidup ini, semoga saja mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Tidak lupa pula kita kirimkan salam dan Taslim kepada Junjungan Nabi Muhammad SAW, yang telah memberikan kita pendidikan Islam, dengan mengatur segala hubungan manusia berdasarkan Al Quran dan Hadist.

Izinkan saya menyapa Bapak Kepala Sekolah yang Terhormat Bapak Fauzi Ihza Kaishar, Begitupun Juga Dengan Bapak Wali Kelas Kita Bapak Ramdhan Walid. Serta Ketua Osis kita Kakak Fathi Waldan.

Sebuah penghormatan tak terhingga, saya bisa berdiri ditempat ini, dihadapan para guru dan sahabat sekalian.

Isi Pidato Narasi

Kenakalan remaja merupakan sebuah proses dan bagian dari pencarian jati diri, yang keberadaannya dalam hukum psikologi adalah sesuatu yang mendapatkan pemakluman.

Meski mendapatkan pemakluman, namun tidak bermakna bahwa kita akan terus melakukan sebuah kesalahan seperti itu. Berikut beberapa kelakuan yang menjadi bagian dari kenakalan Remaja: Narkotika, Sex Bebas dan Tawuran.

Ada 3 kenakalan yang melekat pada remaja, namun kali ini akan kita kupas salah satunya yang pergaulan bebas. Budaya Sex Bebas,.

Budaya seks bebas bagi mereka yang telah terjebak, bukanlah kejadian begitu saja tanpa sebab musabab. Mereka yang melayang dalam menjalani khidupan amoral seakan lupa, dimana ia berada dan dengan siapa ia saling menghargai.

Semua bermula dari genggaman, teknologi yang ada pada saku ataupun pada telapak tangan kita: smartphone. Sebuah alat yang telah mengubah wajah dunia.

Awalnya hanya memegang handphone, kemudian selanjutnya terbuka koneksi luar, baik berupa akses pendidikan maupun akses konten negatif. Disini ia menemukan dunia luar yang tak tertapis oleh budaya dan moralitas (budaya barat).

Selanjutnya mereka akan mencoba membaca informasi negatif tersebut

Mereka akan melakukan klarifikasi kepada teman sebayanya mengenai konten negatif tersebut, dan akhirnya masuk dalam fase mencoba atau eksperiman.

Setelah mereka telah melewati eksperimen sekali, maka mereka akan melanjutkan menjadi sebuah kebiasaan yang berulang. Dan akhirnya mereka telah terjebak kedalam pergaulan bebas tersebut.

Nah sampai pada fase ini, mereka akan selalu mencari kesempatan dan pasangan untuk melakukannya, sehingga efeknya adalah banyak dari mereka yang hamil diluar nikah. Dan menjadi pemandangan menarik anak tak berdosa terkadang menjadi korban.

Ini adalah kenakalan remaja dan keberadaannya melanggar norma adat kekeluargaan terutama agama

Penutup

Demikian pidato mengenai narasi kenakalan remaja yang terjadi di tanah air, sebagai efek kemajuan zaman.

Maka dari itu mari kita menjaga diri dan kehormatan kita agar jauh dari gangguan sosial yang merusak masa depan kita semua.

Pada hakikatnya, kita tidak bisa terhindar dari pergaulan sosial, namun kita harus mampu untuk menjaga diri kita agar terhindar dari berbagai prilaku yang negatif.

Demikian ceramah singkat ini, semoga memberikan manfaat buat kita semua.

Wassalam Alaikum War. Wab.

Demikian contoh pidato tentang kenakalan remaja.

Adapun perbedaan pidato dengan ceramah adalah biasanya pada penempatan ayat atau hadist dalam sebuah ceramah.

Sehingga untuk bisa membedakan konteks pidato maupun ceramah, maka sisipkan ayat maupun hadist
kedalam pidato tersebut, maka itu telah menjadi ceramah.

Adapun gaya penyampaian pidato, bisa saja kita menggunakan gaya orasi. Orasi adalah menyampaikan sebuah gagasan ataupun ide dengan gaya intonasi yang tegas. Untuk mengenal pengertian gaya orasi, maka ingat saja Soekarno.


Pemilihan kata kata dalam pidato, harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh para pendengar, dengan variasi kalimat yang menarik.

Naskah Pidato Menjaga Lingkungan

Pidato ini merupakan contoh pidato atau sambutan dengan tema lingkungan, sebagaimana menjelaskan tentang cara kita menjaga agar lingkungan selalu terjaga dari pencemaran ataupun polusi.

Pidato Kebersihan Pantai
Tentang kebersihan Pantai

Dalam membuat tema lingkungan harus kita atur tentang bahasan yang akan kita buat sebab lingkungan memiliki area dan cakupan bahasan yang sangat luas.

Maka bahasan tema kali ini adalah tentang menjaga kebersihan pantai.

Mukadimah

Assalamu Alaikum War. Wab

Yth, Bapak Camat Dimanasaja,
Yang kami hormati Bapak Lurah apasaja
Yang kami hormati Bapak RW atau RT apapun itu
Serta panitia pelaksana yang saya banggakan.

Ada banyak Kisah Inspiratif yang secara singkat dapat kita baca, namun bacaan inspirasi terbaik adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam melakukan syiar Islam. Bahwa ia menegakkan Islam setinggi tingginya sehingga membawa umat untuk bersyukur kepada Sang Pencipta.

Untuk itu mari kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan bumi ini dengan sempurna, dan membagikan rezeky kepada seluruh umatnya.

Tidak lupa pula kita mengirimkan salam dan taslim kepada Rasulullah Muhammad SAW yang telah menjadi jembatan kebaikan untuk kita semua. Memasuki Islam sebaik mungkin. Dan atas jasanya tersebut, penduduk bumi banyak yang kembali ke jalan yang benar. Semoga kita semua menjadi mahluk beriman.

Isi Narasi Pidato

Bahwa tidak ada kerusakan dilaut dan didarat kalau bukan karena tangan manusia, sehingga kita tidak perlu mengejek bencana yang terjadi sebab bencana adalah hasil perbuatan manusia itu sendiri.

Berikut ini adalah askah pidato singkat tentang perlunya kebersihan lingkungan pantai.

Pantai dengan gelombangnya yang indah, menampilkan riuh pasir putih berbisik ketika tersapu gelombang.

Awalnya pantai ini adalah tak lebih sebagai bagian dari pesona alam, namun telah berubah menjadi sebuah ruang rekreasi bagi mereka untuk melepas keletihan.

Dengan banyaknya kunjungan kepantai, juga beresiko peningkatan jumlah sampah. Sehingga menjadi pemandangan menjijikkan, banyak pantai yang telah menjadi tempat sampah.

Hingga menyebabkan kerusakan ekosistem alam sekitar pantai. Belum lagi pembuangan limbah yang mengarah kepantai, mengakibatkan kerusakan alam.

Sehingga kita semua memiliki keharusan bahwa menjaga pantai adalah kita mulai dari diri sendiri, dengan tidak membuang sembarang sampah saat melakukan kunjungan.

Sebab bagaimanapun kelestarian alam menjadi tanggung jawab kita semua.

Penutup

Menutup Pidato, maka terdapat beberapa kalimat penting, yakni dengan menarik kesimpulan

Setelah kita ketahui bahwa pencemaran lingkungan berupa sampah plastik misalnya, maka menjadi harapan kita semua untuk menjaga diri agar tidak melakukan pencemaran dengan sekali saja jangan membuang sampah plastik kepantai.

Demikian pidato pada saat ini semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Sebuah pengertian dan penjabaran teks pidato edukatif harus merdeka untuk melakukan pengembangan, sehingga seorang pembicara tidak terikat dengan ikatan berpikir yang jalan ditempat.

Artinya kita harus membuka cakrawala dalam membangun kerangka dan konsep pidato yang baik.

Pidato ataupun ceramah, dalam hal pengembangan, sama saja. Yang membedakan adalah pendekatan. Sebagaimana pendekatan pidato lebih kepada pembahasan universal atau umum. Pengetahuan umum dan logika serta sosial.

Sementara ceramah adalah pengembangan dalam bentuk pendekatan agama, tentu ini dengan memiliki dalil-dalil yang sesuai dengan tema ceramah yang dibawakan.

Adapun pendahuluan pidato yang menggunakan mukaddimah Islami adalah merupakan tuntunan bagi semua umat Islam agar selalu mengingat kepada Allah SWT dan tidak lupa diri.

Baca juga beritaku: Pidato Naratif, Pengertian, Ciri, Bentuk Serta Contohnya

Jabaran Tema-Tema Lain Mengenai Pendidikan

Selain dari judul pidato yang ada diatas, maka terdapat pula beberapa pidato yang mencakup kehidupan sosial pendidikan.

Seperti contoh:

  1. Pidato tentang budi pekerti,
  2. Etika memperlakukan Ibu dan Bapak Guru,
  3. Contoh naskah pidato islam untuk anak Santri
  4. Contoh pidato singkat islam,
  5. Berbakti kepada kedua orangtua,
  6. Cara Membersihkan Kelas Yang Baik,
  7. Anak Milenial Berprestasi Tanpa Harus Nakal,
  8. Membangun Percaya Diri Untuk Menjadi Generasi terbaik
  9. Berjuang Untuk Masa Depan Tanpa Hancul Oleh Pergaulan
  10. Mencintai bangsa dan Negara

Dan masih terdapat beberapa contoh lain yang bisa kita gunakan, untuk membuat pidato dalam bentuk Teks Naratif baik singkat maupun panjang.

Bagikan Ke