Pidato Tidak Membosankan, 5 Contoh Menarik, Singkat Dan Padat
Beberapa Contoh Pidato Menarik, Singkat, Pada Dan Tidak Membosankan (Foto:Gurupendidikan.co.id/Barta1.com)
Pidato Tidak Membosankan, 5 Contoh Menarik, Singkat Dan Padat

Tampil membawakan pidato yang singkat, dengan isi menarik dan tidak membosankan, maka hal itu menjadi dambaan bagi kebanyakan orang yang hendak berbicara pada muka publik.

Beritaku.id, Organisasi Dan Komunikasi – Banyak cara untuk membuat formulasi dan struktur pidato dalam kegiatan organisasi, maka kesempatan kita untuk memberikan yang terbaik kepada pendegar. Sehingga sebuah pertemuan akan menciptakan suasana yang sangat menyenangkan dengan konten pidato yang berkesan.

Mengingat kembali, bahwa pidato memiliki model dan bentuk, yaitu:

  1. Spontanitas,
  2. Menjabarkan,
  3. Menghapal dan
  4. Membaca.

Pertama, Spontanitas: Merupakan bentuk pidato tanpa persiapan atau tanpa membaca teks maupun garis besar. Tapi langsung saja berdiri ketikda mendapatkan kesempatan dan menjelaskan seperti air mengalir. Jenis pidato ini biasa kita kenal dengan bentuk Impromptu.

Kedua, Menjabarkan: Merupakan sebuah bentuk tampil pada muka publik dengan membawakan pidato, hanya menuliskan beberapa garis besar yang akan mereka jabarkan. Hampir sama dengan Impromptu, namun bedanya adalah jenis ini memakai alur garis besar. Biasanya jenis atau bentuk ini kita kenal dengan Extempore.

Ketiga, Menghapal: Merupakan jenis pidato dengan mengingat seluruh isi teks, menghapalkan, kata demi kata. Serta kalimat demi kalimat secara berurutan. Pada model ini untuk mereka yang memiliki hapalan yang kuat. Dalam pelaksanaannya, bentuk ini terkenal dengan nama Bentuk Memoriter.

Keempat, Membaca: Biasa juga kita kenal dengan nama Manuskrip (Manuscript). Sebagai bentuk tampil sebagai pembaca pidato dengan cara membaca secara keseluruhan konten pada sebuah naskah dengan alur yang telah terencana sebelumnya.

Dari beberapa model dan bentuk pidato, berikut beberapa teks.

Contoh Beberapa Pidato Singkat, Menarik Tidak Membosankan

Singkat padat dan menyenangkan, begitulah gambaran membawakan sebuah pidato maupun ceramah kepada khalayak ramai, sehingga membuat mereka tertarik terhadap isi ceramah maupun pidato.

Menciptakan perhatian pendengar, butuh latihan. Namun tidak bermakna bahwa yang amatir tidak boleh tampil. Sebab semua pembicara yang terkenal pada seluruh dunia sekalipun. Mereka bermula sebagai pembawa pidato amatiran.

Sehingga bangkitkan minat untuk tampil menjadi pembawa pidato, hal itu membutuhkan latihan Intonasi, Mimik dan Penguasaan Bahasa.

Selanjutnya, untuk membuat pembukaan dan penutup dalam sebuah pidato maupun ceramah maka silahkan buka artikel (Baca beritaku: Menarik Dan Tidak Membosankan, Mukadimah Pidato Singkat, Penutup Yang Berkesan)

Menjadi ingatan kembali, bahwa dalam Pidato ada pembukaan yang memiliki struktur: Ucapan Salam, Salam Pembuka (Mukadimah), Ucapan Syukur Kepada Allah SWT, Solawat Kepada Rasululullas, Penghormatan Kepada Hadirin, Kemudian Isi dan berakhir dengan Penutup.

Untuk mempraktikan dari susunan pidato tersebut maka berikut ini beberapa contoh:

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Pidato ataupun ceramah singkat mengenai pendidikan, sebagai topik yang selalu menarik pada telinga pendengar. Maka berikut ini contoh teks yang tidak membosankan para pendengar.

Wanita Berpendidikan
Pidato tentang Pentingnya Pendidikan (Foto; Hipwee)

Assalamu Alaikum War. Wab.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أََمَّا بَعْدُ
Lafaz (bacaan):
Bismillahirrohmanirrohiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, was-sholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursaliin, sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi aj’ma’iin, Amma ba’du. (Sumber: Pendidik)

Hanya kepada Allah SWT, kita memanjatkan Puji dan Syukur, Tidak ada sesembahan lain pada Bumi maupun langit yang memiliki kewenangan dan hak untuk kita sembah selain Allah SWT.

Sebab atas kuasaNya, sehingga pada saat ini kita masih bisa berkumpul pada tempat ini.

Kita juga harus mengingat bahwa ada satu orang yang paling berjasa dalam meluruskan Aqidah Islam, maka untuk itu, mari kita mengirimkan salam dan Taslim kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Sebagai energi yang tetap terbarukan sepanjang zaman. Dengan ajaranNya yang benar.

Pentingnya Menuntut Ilmu

Sebagaimana tema pidato yang akan saya bawakan Tentang Pentingnya Pendidikan.
Apakah hadirin melihat bagaimana listrik dalam ruangan atau tempat ini mengalirkan listrik? Ataupun bagaimana mic ini menghasilkan gelombang bunyi pada soundsystem?
Maka jawabannya adalah karena Maichael Faraday, sebagai penemu pertama tentang arus dan aliran listrik tersebut.

Namun tahukah kita semua, bahwa Michael Faraday lulusan apa? Maka jawabannya pula adalah Michael Faraday hanya lulusan SD.

Dengan demikian, berarti kita tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, sebab seorang penemu listrik bukanlah lulusan perguruan tinggi.

Jawabannya tidak demikian, sebab mempelajari listrik ini tidak lagi proses bagaimana Faraday menemukan. Tapi Pemerintah (Ulil Amri) telah menyiapkan tempat untuk menuntut Ilmu Pada perguruan Tinggi.

Pada kondisi teknologi yang semakin maju dan berkembang pesat. Maka sebagai generasi penerus bangsa, menjadi keharusan semua generasi penerus adalah membentengi diri dengan persiapan pendidikan dan kematangan organisasi.

Sebab jika tidak demikian, maka kita akan tertinggal jauh dari negara lain dalam hal kemajuan.

Ilmu merupakan salah anak tangga menuju manusia yang tertinggikan derajatnya pada sisi Allah SWT, sehingga mereka yang menuntut Ilmu pada seluruh penjuru dunia, mendapatkan lindungan Allah SWT.

Pada berbagai contoh, seseorang yang memiliki keterbatasan ekonomi ketika menuntut Ilmu, pada akhirnya menjadi orang-orang yang sukses karena Allah senantiasa memberinya rahmat atas perjuangannya.

Sehingga melalui kesempatan ini, maka izinkan kami mengajak para hadirin, untuk berlomba dalam menuntut ilmu.

Namun jangan lupa bahwa ilmu yang terbaik adalah ilmu yang kita amalkan kepada orang lain, atau kita ajarkan kepada lingkungan sekelling kita.

Demikian Pidato Tema pendidikan yang kami bawakan pada kesempatan ini, semoga bernilai ibadah pada Sisi Allah SWT.

Wassalamu Alaikum War.

Contoh Pidato Menarik Tentang Kebersihan

Tema kebersihan, pada hakikatnya terdiri dari kebersihan jiwa dan raga namun dalam pidato singkat yang akan kita bahas adalah lebih spesifik tentang kebersihan lingkungan.

Kegiatan kebersihan Desa Oleh TNI atau ABRI
Kegiatan Untuk Meningkatkan Kebersihan Lingkungan Oleh TNI (Foto: Infodesaku.com)

Biasanya tema kebersihan menjadi tema lomba pidato kegiatan porseni sekolah, maupun pokok bahasan pada lomba 17 Agustusan yang terlaksana pada tingkat Desa, Kecamatan serta Kabupaten dan sebagainya.

Nah bagaimana Teks Pidato Yang Singkat dan Menarik serta tidak membosankan? Berikut contohnya.

Assalamu Alaikum War. Wab.
Kalimat Pembuka atau Mukadimah, silahkan copy paste bagian atas, atau buka Link Mukadimah.

Bapak ibu yang kami muliakan, mengawali pidato saya yang menarik ini, maka izinkan saya memohon bapak Ibu Sekalian untuk kami ajak kembali bersyukur kepada Allah SWT.
Bahwa Demi Allah, jangankan gelombang Tzunami yang bisa Allah buat kapan saja, Juga Allah mengetahui bahwa daun-daun kering yang jatuh dari pohon adalah atas kuasaNya.

Tidak lupa pula kita mengirimkan taslim kepada junjungan kita, nabi terbaik Nabi Muhammad SAW, yang datang dengan kabar dan kebaikan kepada seluruh alam semesta.

Menjaga Kebersihan Sekolah

Pada kesempatan ini izinkan pula saya membawakan sebuah Pidato dengan judul Kebersihan Lingkungan Belajar.
Bahwa proses belajar merupakan proses tranformasi ilmu dari pendidik kepada siswa. Namun fokus kita tidak hanya pada konten ataupun isi dari ilmu yang berasal daripada guru kita.

Melainkan harus pula kita memperhatikan bahwa lingkungan dan kebersihan sekolah dan sekitar kita menjadi perhatian. Bahwa menciptakan lingkungan yang asri merupakan kebutuhan sebab hal itu akan menciptakan rasa nyaman dalam jiwa.

Bukankah kita mengetahui bahwa jiwa yang ada pada setiap manusia sangat mempengaruhi tingkat berpikir seseorang.

Nah, oleh karena itu, sebagai pelajar yang baik, menjadi keharusan kita menjaga kesehatan serta kebersihan sekolah kita. Untuk itu mari membiasakan tidak membuang sampah sembarang tempat.

Sebab tidak bisa kita pungkiri bahwa sampah yang banyak berserakan merupakan hasil kontribusi kita yang tidak tertib dalam menempatkan sampah pada tempatnya.

Benar bahwa pada sekolah kita ini ada yang bertugas menjadi cleaning service, akan tetapi tidak bermakna bahwa hal itu membebaskan kita membuang sampah pada sembarang tempat.

Sebab kebiasaan membuang sampah pada sembarang tempat menjadi sebuah potret prilaku dan kepribadian. Dan menjadi hukum sosial bahwa siapapun yang membuang sampah tidak pada tempatnya merupakan prilaku yang kurang baik.

Demikian pidato singkat tentang kebersihan ini, semoga kita semua menjadi pribadi yang menjaga kebersihan lingkungan terutama pada lingkungan sekolah.

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Contoh Pidato Tidak Membosankan Tentang Maulid Nabi

Mekah Dan Maulid Nabi
Mekkah Tempat Kelahiran Nabi Muhammad SAW (Foto: Islampos.com)

Kelahiran Nabi, maupun memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Sebagai sebuah momentum mengingat sejarahnya hingga lahir kedunia ini. Biasanya kegiatan ini terselenggara oleh Sekolah pengurus OSIS, maupun kegiatan Remaja Masjid atau BKPRMI.

Bilamana anda akan masuk dalam kegiatan perlombaan tersebut, maka berikut ini contoh teks pidato menarik yang tidak membosankan mengenai kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW tersebut.

Assalamu Alaikum War. Wab.

Kalimat pembukaan silahkan baca pada artikel lainnya atau copy paste pada bagian pertama contoh pidato artikel ini.

Lanjut…..
Jangankan suara ledakan bom dan nuklir yang menggetarkan bumi, suara nyamukpun terdengar oleh Allah SWT, sebab pada dzatnya yang maha mendengar, kejadian dilangit dan bumi ini.
Maka mari mengucapkan Syukur Alhamdulillah kepadaNya atas rahmat pada hari ini.
Kita berkumpul bersama dalam pelaksanaan kegiatan pada hari ini.

Jangan melupakan mengirimkan Salam dan taslim kepada “pimpinan para Nabi dan Rasul” yang tidak lain adalah Nabi Muhammad SAW.

Kelahiran Nabi, Dan Keajaiban Bumi Menyambutnya

Tahukah kita semua bahwa jelang kelahiran dan masa lahirnya Rasulullah yang termulia Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan beberapa kejadian yang menarik pada Bumi ini.
Kapankah Rasulullah lahir?
Tepatnya 12 Rabiul Awal dan bertepatan dengan tanggal 23 April 571 Masehi. Kelahirannya, tidak hanya tersambut oleh Keluarganya, namun juga bumi serta seluruh alam semesta menunggu kehadirannya. Sebab Rasulullah adalah cahaya Ilmu yang menerangi dunia ini.

Hadirnya menjadi kerinduan bumi, cinta langit, rindu air serta harapan dari angin yang berhembus, terutama mahluk hidup yang ada pada dunia ini.

Menjelang kelahiran Rasulullah, Kakbah hendak dihancurkan. Oleh pasukan gajah Abrahah, Gubernur Yaman. Sebab ia hendak membangun tempat suci “tandingan” pada negara Yaman. Maka untuk mengambil alih umat ia hendak meratakan Kakbah Mekah.
Namun kondisi berubah, justru pasukan gajah tersebut berbalik arah dan terjadi kekacauan luar biasa, serta Abrahah hancur dengan tubuh yang bercerai berai.

Selanjutnya, menjelang kelahiran Rasulullah Api yang menyala selama berabad-abad dan tak pernah padam pada kerajaan Persia, sebagai penyembah agama Majuzi, tiba-tiba Padam. Padahal api itu tak pernah mati sekalipun.
Belum lagi, retaknya serambi bangunan mewah kerajaan Persia. Dan juga keringnya danau yang ada pada kerajaan Persia.

Tak hanya pada kerajaan Persia, namun juga pada kerajaan Romawi dengan penganut agama Kristen, pada masa kelahiran Nabi, beberapa bangunan gereja runtuh.

Sementara itu, pada kota Mekah dengan Kakbah yang terdapat beberapa berhala pada bagian atasnya, malam itu jatuh dan porak-poranda, namun bangunan Kakbah tetap utuh, hanya berhala yang lebur.

Dan masih banyak peristiwa yang terjadi untuk menyambut kelahiran Rasulullah Muhammad SAW. Bumi bersuka cita atas kehadirannya, dan atas kuasa Allah SWT Bumi ingin menghancurkan beberapa bentuk kemaksiatan dan kemungkaran, sebagai peringatan buat kita semua.

Hakikat Maulid

Oleh karena itu, mari kita merenungkan bahwa hakikat maulid tidak hanya mengingat kelahirannya Rasul saja, melainkan membuka mata dan jiwa kita. Bahwa ada sebuah peristiwa penting yang terjadi pada bumi menjelang kelahiran Rasulullah.

Sehingga peristiwa-peristiwa besar itu kembali mengingatkan dan memberikan kita ruang berpikir, bahwa jiwa dan raga Rasulullah menciptakan ruang rindu dan cinta oleh alam semesta.

Semoga saja rangkaian kegiatan hari (malam) ini menjadi sebuah cara untuk meningkatkan kecintan kepada Rasulullah, tidak hanya sampai disitu. Akan tetapi akan meningkatkan rasa cinta dalam penanaman nilai-nilai agama dalam kepribadian kita, dalam menghadapi gelombang perubahan dan kemajuan teknologi.

Demikian pidato singkat ini, semoga saja materi yang kami bawakan tidak membosankan adanya.

Wassalamu alaikum War. Wab.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pernikahan

Layaknya setiap pernikahan, maka pertemuan kedua keluarga mempelai laki-laki dan perempuan sebagai perwujudan pertemuan dua keluarga yang baru. Maka proses penyambutannya menjadi sebuah proses yang harus menjadi pemikiran bagi tuan rumah.

Nah untuk menyambut mempelai, berikut contoh pidato yang tidak membosankan.

Pidato pernikahan
Sambutan dalam acara pernikahan (Foto: Harapanrakyat.com)

Assalamu Alaikum War. Wab.

Kalimat pembuka silahkan buka kembali pada paragraf awal contoh pidato dari artikel ini.

Bapak Ibu Saudara Saudari yang kami hormati, sebagai bentuk rasa syukur kita sekalian, bahwa pada hari ini merupakan hari resepsi pernikahan kedua mempelai.

Selain dari kita yang hadir, ada pula keluarga yang tidak sempat hadir karena berbagai kendala dan sebagainya. Oleh karena itu kita yang hadir pada hari ini, karena Allah SWT masih memberi kita kesehatan dan kesempatan. Maka dari itu awal sambutan ini kami mengajak para hadirin untuk memuji dan memanjatkan syukur kepada Allah SWT.

Juga tidak melupakan untuk mengirimkan sholawat kepada Rasul termulia Nabi Muhammad SAW, bersama para sahabat dan para syuhada.

Pernikahan Adalah Hamparan Pahala Kebajikan

Kita semua sangat memahami, bahwa pernikahan tidaklah sekedar ijab kabul, yang menjadi persaksian dan masuk dalam pencatatan nikah Kantor Urusan Agama.

Bahwa pernikahan bukanlah sekedar mengucapkan lafadz sebagai salah satu syarat nikah, dengan saksi-saksi yang berposisi menyaksikan ijab kabul.

Bapak ibu yang kami muliakan
Lebih dari itu, pernikahan adalah serangkaian proses untuk bukti ketaatan kepada Allah SWT dan Menjalankan sunnah Rasulullah Muhammad SAW.

Sehingga proses pernikahan merupakan sebuah rangkaian yang terjadi dan menyatukan kedua keluarga yang berbeda satu sama lain.
Maka hakikat berikutnya adalah Kedua mempelai masing-masing telah memiliki dua ibu, dan dua bapak. Mereka akan menyatu dalam satu keluarga yang utuh satu sama lainnya.

Menjadi suatu kebanggan dan kehormatan kami pada hari ini, atas kehadiran bapak ibu sekalian pada tempat ini, untuk bersama-sama menghadiri acara pada hari ini.

Hal ini menjadi sebuah kebahagian pada kedua mempelai dan juga keluarga kedua mempelai. Akhirnya kita bisa bersama-sama menyaksikan bahwa kedua mempelai akan memulai menata masa depannya.

Semoga saja keduanya mendapatkan ridha Allah SWT dan mendapatkan lindungan dari Allah SWT, untuk menjalankan seluruha aktifitasnya membina rumah tangga mereka dalam suatu bingkai Mawaddah Wa Rahma.

Selamat datang bapak ibu dan saudara sekalian, mohon maaf jika ada kekurangan selama proses penjemputan ini.

Demikian sambutan kami mewakili keluarga mempelai.

Wassalanmu Alaikum War. Wab.

Contoh Pidato Padat Tentang Kesehatan

Ceramah atau sambutan tentang kesehatan, biasa juga untuk kepala Desa ataupun Camat yang menyambut Mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan KKN maupun KKLP dan sebagainya. Sehingga tema kesehatan tidak hanya berhubungan dengan sehat sakit melainkan berhubungan pula dengan pendidikan kesehatan.

Foto Perawat Atau Petugas Kesehatan Cantik
Petugas Kesehatan (Foto: Karigogo.com)

Adapaun pidato singkat yang tidak membosankan namun menarik para pendengar adalah sebagai berikut contohnya.

Assalamu Alaikum War. Wab.

Kalimat pembuka pidato, silahkan di copy paste pada artikel lainnya.

Bapak Ibu Saudara-saudari yang kami muliakan.
Sebagai penghaturan dan penyembahan hanya kepada Allah SWT, maka izinkan saya mengajak bapak ibu sekalian untuk mengucapkan syukur kepada Allah SWT, sebab pada hari ini, kita masih mendapatkan kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan aktifitas keseharian kita.
Semua ini karena pemberian Allah SWT. Maka mari kita mensyukuri nikmat itu.

Jangan melupakan Rasul dan junjungan kita, sebab karena Beliaulah yang telah mengantarkan umat manusia dari jalan yang berada pada zaman jahiliyah menuju zaman yang terang benderang pada hari ini.

Pada hari ini saya akan membacakan sebuah pidato, dengan Tema:

Kesehatan Adalah Aset Manusia

Jaga Lapangmu Sebelum Datang Sakitmu
Jagalah Kayamu Sebelum Datang Miskinmu
Jaga Sehatmu Sebelum Datang Sakitmu

Pesan ini sangat menari untuk kita simak, hal kenapa air laut tak mampu mencatat segala nikmat yang Allah SWT berikan?
Sebab seluruh sel dalam tubuh manusia ketika ada satu sel yang sakit maka akan mengakibatkan tubuh kita akan menjadi lemah dan tak berdaya.

Seorang yang badannya kekar ketika satu saja giginya mengalami sakit, maka akan membuatnya mengeluh dan tak tampak lagi kekekaran yang ada pada dirinya.

Orang yang hebat, pemikir sekalipun terhebat ketika mengalami keluhan sakit kepala akan menyebabkan ia tak secerdas dan sehebat dirinya. Oleh karena itu menjadi keharusan kita untuk menjaga kondisi tubuh kita agar tetap seimbang dan dapat menjalankan aktifitas keseharian kita.

Siklus hidup manusia adalah mempertahankan kesehatan menjadi sebuah keharusan bagi kita semua. Sehingga hidup seimbang antara tidur dan istirahat serta pola makan yang baik. Akan memberikan kontribusi positif bagi tubuh kita.

Oleh karena itu, mari menjaga kesehatan dengan senantiasa menjaga lingkungan tempat tinggal kita. Sehingga kesinambungan dan peredaran darah dalam tubuh kita menjadi baik. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

Demikian sambutan singkat mengenai kesehatan, semoga bermanfaat buat kita semua.

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Demikian Artikel yang merangkum 5 Pidato padat, ceramah atau sambutan singkat dalam beberapa kegiatan. Untuk menciptakan kesan menarik dan tidak membosankan, maka silahkan membaca keseluruhan naskah sebelum tampil pada khalayak ramai.

Jangan lupa belajar untuk mengatur intonasi dan mimik sebelum tampil membawakan pidato agar penampilan tidak membosankan pendengar. Kendalikan emosi dan kendalikan diri saat tampil.

Baca Beritaku lainnya:

  1. Media Sosial, Strategi Komunikasi Pemasaran Dan Prospek Kerja
  2. Komponen, Dampak Positif Dan Negatif dari Kemajuan Informasi Daring
  3. Latihan Intonasi Dalam Komunikasi, Menghilangkan Syndrom E Dan Ya

Tinggalkan Balasan