Olahraga Renang

Renang: Olahraga 10 Manfaat,Teknik Serta Federasinya

Posted on

Struktur induk organisasi olahraga renang seluruh Indonesia memiliki beberapa pengertian yang telah dijabarkan oleh para ahli. Juga memiliki 5 gaya dan teknik yang masih dapat dikembangkan lagi, berenang memiliki perlindungan dari federasi internasional.

Beritaku.id, Organisasi Dan Komunikasi – Berenang salah satu olahraga yang sangat baik bagi kebugaran tubuh, macam-macam gaya yang begitu indah dapat menjadi daya tarik bagi penggemar olahraga ini.

Oleh: Luluk (Penulis Organisasi Dan Komunikasi)

Berenang dapat membantu dalam proses pembentukan bentuk tubuh, tidak heran banyak atlet-atlet renang yang memiliki tubuh proporsional. Tidak hanya kalangan atlet saja, Berenang juga dapat dilakukan oleh siapa saja. Untuk dapat melakukan olahraga ini, terlebih dahulu harus belajar dalam mengatur nafas dan gerakan tubuh.

Berenang banyak di gemari oleh berbagai kalangan, bahkan olahraga ini sudah seperti rutinitas bagi sebagian orang. Peralatannya pun juga tidak terlalu susah, cukup pakaian renang saja cukup.

Namun jika ingin menggunakan pelindung mata (kaca mata renang), penutup telinga serta perlengkapan lainnya juga sangat di perbolehkan.

Untuk kolam yang di gunakan juga bervariasi, tergantung selera dan kemampuan yang di miliki.

Kawasan yang kaya akan sumber mata air turut memanfaatkan kesempatan ini dengan mengelola pemandian dan kolam-kolam umum yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Dengan biaya yang cukup terjangkau dapat menggunakan fasilitas yang disediakan.

Pengertian Renang

Renang adalah salah satu jenis olahraga air yang dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh, yaitu dengan kaki dan tangan agar dapat mengangkat seluruh tubuh ke permukaan air.

Berenang dapat dilakukan dengan mempelajarinya terlebih dahulu, seperti bagaimana cara mengatur nafas, cara mengapungkan badan, cara menggerakkan kaki dan tangan dan masih banyak hal lain yang perlu dipelajari.

Untuk menghindari adanya kecelakaan saat berennang maka di anjurkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berenang.

Hal ini berfungsi agar suhu tubuh dapat menyesuaikan dengan air, perenggangan otot serta pengaturan nafas menjadi lebih stabil. Dengan demikian tubuh akan siap masuk ke dalam air.    

Berenang cukup populer di Indonesia, bahkan di negara lain juga banyak orang yang menggemari olahraga ini. Tak jarang mereka yang memiliki harta lebih akan membuat kolam pribadi di rumahnya agar dapat menggunakannya setiap saat.

Olahraga ini sangat baik untuk membentuk tubuh menjadi lebih ideal, ada beberapa orang yang berpendapat bahwa dengan olahraga tersebut dapat membantu untuk menambah tinggi badan.

Sumber lain juga memberikan beberapa pengertian mengenai olahraga dengan media air, berikut ini beberapa pengertian dari renang yang dikutip dari berbagai sumber.

  1. Abdoelah (1981), menjelaskan bahwa Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang dilakukan di dalam air, baik air tawar ataupun air yang memiliki rasa.
  2. Muhajir (2004), menjelaskan bahwa renang adalah salah satu olahraga yang dapat menyehatkan tubuh, sebab saat berenang hampir semua bagian tubuh ikut bergerak, sehingga otot-otot dalam tubuh akan berkembang dan meningkatkan kekuatan.
  3. Menurut Erlangga (2010), Berenangrenang adalah olahraga air yang memiliki manfaat bagi tubuh, jantung, paru-paru dan meningkatkan kebahagiaan seseorang serta dapat membangkitkan adrenalin.
  4. Menurut Budiningsih (2010), renang adalah olahraga air yang caranya dengan menggerakkan anggota badan (tangan dan kaki) di dalam air agar dapat mengapung.

Baca Juga Beritaku: Olahraga Renang: Keindahan Hingga Berat Badan Ideal

Manfaat Berenang

Olahraga Renang
Berbagai Manfaat Dalam Renang

Setiap olahraga pasti mempunyai manfaat tersendiri bagi tubuh, begitu juga dengan Berenang. Olahraga Berenang selain dapat menyehatkan tubuh juga memiliki berbagai manfaat lainnya seperti :

1. Menguatkan otot

Gerakan saat Berenang mampu menguatkan otot dalam tubuh, terutama otot kardiovaskular. Yaitu otot yang bedara di sekitar jantung dan paru-paru, sehingga membantu memperlancar sistem pernafasan.

2. Menurunkan tekanan darah

BerenangRenang juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, sehingga olahraga ini sangat baik apabila melakukannya secara rutin agar tekanan darah dapat stabil.

3. Membakar kalori

Bagi yang ingin membakar kalori, Berenang adalah olahraga yang cocok untuk dilakukan. Jumlah kalori yang terbakar saat berenang tergantung dengan berapa lama melakukannyaserta berat badan yang di miliki.

4. Mengatur kadar gula darah

Pemilik kadar gula yang tinggi dapat memanfaatkannya sebagai pilihan olahraga yang dapat di lakukan secara rutin. Sebab dengan berenang mampu membantu tubuh dalam mengatur kadar gula, hal ini akan meningkatkan harapan hidup yang lebih tingggi.

5. Dapat membantu pemulihan pasca cedera

Berenang juga cocok bagi orang yang sedang menjalani masa pemulihan akibat cidera, sebab ketika berenang air akan membantu menopang beban tubuh. Hal tersebut akan memberikan kelonggaran bagi tulang dan sendi untuk sejenak beristirahat.

6. Mengobati penyakit asma

Dengan berenang otot yang berada di paru-paru dan jantung akan meningkat dan sistem pernafasan akan juga meningkat. Hal tersebut dapat membantu penderita asma dalam mengurangi tingkat keparahannya, bahkan juga bisa menyembuhkan apabila di lakukan sesuai anjuran dan dengan rutin.

7. Mengatasi insomnia

Bila anda memiliki kesulitan untuk tidur, bisa menjadi pilihan olahraga yang cukup membantu. Dengan berenang secara rutin akan membantu mengatasi gangguan tidur (insomnia).

8. Memperbaiki mood

Saat tubuh melakukan kegiatan olahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon tersebut dapat membantu meningkatkan mood.

9.Membantu pembentukan postur tubuh

Renang adalah salah satu olahraga yang banyak melibatkan gerakan tubuh serta kontrol pernafasan, dengan demikian Berenang dapat membantu seseorang dalam proses pembentukan postur tubuh.

10. Baik untuk ibu hamil

Berenang adalah olahraga yang aman bagi ibu hamil, juga memberikan banyak manfaat seperti mengurangi pegal-pegal dan nyeri (efek hamil) serta membantu pernafasan, sehingga saat proses bersalin akan lebih mudah dalam mengatur nafas.

Baca Juga Beritaku: Olahraga Biliar: 8 Pemain Tercantik, Tata Cara, Induk Organisasi

5 Gaya Olahraga Berenang

Olahraga Renang
Gaya Dalam Olahraga Renang

Bagi pemula mungkin masih menggunakan gaya-gaya yang sederhana, namun tahukah kamu bahwa memiliki banyak gaya? Berikut adalah beberapa gaya saat berenang yang dapat kamu coba.

1. Gaya bebas

Gaya bebas merupakan salah satu gaya yang dapat dilakukan dengan cara menggerakkan (menelengkupkan) badan, kemudian tangan dan kaki menarik-menendang air. Posisi badan datar di permukaan air dan bahu sedikit ke belakang. Sementara kaki berada di bawah permukaan air sekitar beberapa inci. Untuk dapat melakukan gaya bebas, perlu mengusahakan posisi wajah dan pandangan lurus ke depan.

2. Berenang gaya punggung

Renang gaya punggung akan memposisikan punggung menghadap ke dalam air (tubuh menghadap permukaan air atau terlentang). Gerakan yang dilakukan hampir sama dengan gaya bebas, hanya saja posisi wajah menghadap ke atas dan pandangan mata menghadap atas.

3. Berenang gaya dada

Punya istilah gaya katak, sebab rerakann dan posisi tubuh menyerupai katak saat berenang di air. Posisi tubuh saat menggunakan gaya dada adalah merangkak dengan gerakan kaki dan tangan yang beriringan. Tangan dan kaki berada di dalam air dengan posisi kepala bergerak naik turun ke atas permukaan air.

4. Renang gaya kupu-kupu

Renang gaya kupu-kupu adalah dengan menggerakkan lengan bersamaan dengan menggayuh ke arah depan. Posisi tangan keduanya di bentangkan lalu di kepakkan seperti kupu-kupu saat terbang. Namun untuk menggunakan gaya kupu-kupu membutuhkan tenaga yang lebih di banding dengan gaya yang lain.

5. Renang gaya samping

Gaya samping adalah perkembangan dari gaya dada, caranya tubuh diposisikan menghadap ke samping (kanan atau kiri) kemudian meluruskan tangan yang berada di dalam air dan menggerakkan tangan yang tidak masuk ke dalam air melewati wajah. Posisi kaki bergerak menggunting.

Teknik Dasar dan Aturan Dalam Olahraga Renang

Teknik dasar dalam berenang merupakan hal yang perlu di pelajari terlebih dahulu, sebab teknik ini yang akan memberi manfaat dan kemudahan saat berenang. Berikut teknik dasar dalam Berenang, yaitu :

1. Pernafasan

Pernafasan adalah hal utama saat berenang yang perlu penguasaan, dengan pengaturan nafas yang baik maka dalam berenang dapat melakukannya dengan mudah dan tidak cepat lelah. Untuk belajar pernafasan, dapat ,melakukannya dengan cara berlatih dan mengulangnya hingga memiliki pengaturan pernafasan yang baik. Teknik ini dapat di pelajari dedngan cara berdiri tegak di pinggir kolam, posisi wajah di permukaan air dengan menarik nafas melalui mulut dan menahannya untuk beberapa saat kemudian memasukkan kepala de dalam air untuk membuang nafas melalui hidung.

2. Meluncur

Meluncur adalah gerakan tubuh secara horizontal ke dalam air. Teknik ini dapat di pelajari dengan cara memilih kolam yang tidak terlalu dalam, kemudian posisikan badan membelakangi kolam.

Tempelkan salah satu telapak kaki pada dinding kolam yang berada di belakang dengan jari kaki yang menghadap ke bawah. Lakukan tolakan (mendorong tubuh) dengan telapak kaki dan meluncur dengan posisi kedua tangan di depan dan sejajar. Meluncur dapat di lakukan dengan sempurna jika posisi kepala berada di permukaan air dan telinga sejajar dengan lengan serta tangan. Lakukan secar aberulang-ulang untuk dapat menguasai teknik ini.

3. Mengapung

Mengapung adalah mengupayakan posisi tubuh dapat seolah-olah melayang di bawah permukaan air dengan kepala masih tetap di atas permukaan air. Teknik ini dapat di lakukan dengan mendorong dan menggerakkan kaki dan tangan sebagai penyeimbang.

Baca Juga Beritaku: Organisasi Olahraga Indonesia: Daftar, Tahun Berdiri Dan Alamat

Struktur Induk Organisasi Olahraga Renang Nasional

Induk organisasi renang di tingkat nasional adalah Persatuan Renang Seluruh Indonesia yang di singkat PRSI. Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah organisasi yang memberikan pengarahan, pengaturan terhadap kegiatan olahraga reang yang berada di Indonesia.

PRSI berdiri pada 21 Maret 1951 yang bertempat di Jakarta dengan ketua umum pertama yaitu Prof. Dr. Poerwo Soedarmo.

Struktur dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) yaitu :

  1. Ketua Umum, pilihan pengurus induk organisasi provinsi dalam forum Munas yang pelaksanaannya setial 4 (empat) tahun sekali
  2. Wakil Ketua Umum I (bidang organisasi)
  3. Wakil Ketua Umum II Bunpres yang terdiri dari komisi teknik

Federasi Olahraga Renang Internasional

Olahraga Renang
Logo Federasi Olahraga Renang Internasional

Federasi Renang Internasional atau dalam bahasa lain Federation Internationale de Nation (FINA) merupakan organisasi tingkat internasional dari cabang olahraga renang. Organisasi ini mendapat pengakuan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Federasi Renang Internasional (FINA) juga merupakan induk organisasi internasional polo air, renang indah, selam dan renang perairan terbuka.

Bagi negara-negara yang memiliki organisasi bidang olahraga polo air, renang indah, selam dan renang perairan terbuka wajib menjadi anggota dari FINA yang saat ini berlokasi di Lausanne, Swiss.

Kegiatan yang di lakukan oleh FINA adalah mengadakan kejuaraan internasional maupun regional, memajukan olahraga buat para perenang, membuat aturan tentang olahraga ini serta mengawasi organisasi-organisasi yang menjadi anggotanya.

Baca Juga Beritaku: Pengkaderan Mahasiswa Dalam Kampus, dengan 5 Lembaga Familiar

Bagikan Ke