Contoh sikap lilin
Sikap lilin (Foto: hops.id)

Sikap Lilin: 4 Manfaat, Sikap, Posisi Hingga Fungsi

Diposting pada

Sikap lilin, adalah jenis olahraga senam lantai yang dapat memberikan kebugaran bagi manusia. Terdapat beberapa pembahasan seperti 4 manfaat dari olahraga tersebut, lalu posisi hingga kepada fungsi dari sikap tersebut, Jadi begini jelasnya.

Beritaku.id, Olahraga_ – Tuhan telah menciptakanmu dengan sedemikian rupa. Lalu Ia memberikan mata yang indah, tangan yang begitu halus, lalu hentakan kaki yang membuat siapa saja terpukau akan dirimu. Sungguh hal tersebut akan sia-sia jika engkau tak merawatnya.

Oleh: Ayu Maesaroh(Penulis Olahraga)

Hai, bertemu dengan tagline tulisan yang dirindukan, tulisan untukmu yang selalu menjaga sikap seketika kita berpisah, dan kembali menabung rindu.

Setelahnya kita akan saling menumpahkan, mencurahkan kerinduan yang sudah kita tabung bersama. Lalu menorehkan kisah yang sangat hangat dan tak bisa terlupa.

Begitu menyehatkan rasanya momen demikian. Seakan membuat sapa saja akan tersenyum dan merasakan tubuh menjadi lebih baik ketimbang sebelumnya. Namun, sebuah keadaan lebih baik pada tubuh, tidak berada pada memori demikian.

Namun juga dengan olahraga, yang juga menunjang daripada keadaan tubuh kita lebih baik lagi, entah dari segi jasmani, ataupun rohani kita.


Pengertian Sikap Lilin

Definisi dari sikap lilin
Definisi sikap lilin (Foto: sehatq.com)

Dan olahraga tersebut mempunyai berbagai jenisnya, yang mana dapat kita lakukan dengan baik dan benar, serta bisa kita pelajari lebih dalam.

Seperti beberapa senam lantai, yang juga banyak orang menggandrungi jenis ini. Contohnya adalah senam dengan melakukan sikap lilin.

Yang mana sikap tersebut adalah membuat posisi daripada tubuh kita, menyerupai lilin. Dengan cara berbaring terlebih dahulu, lalu mencoba mengangkat kedua kaki ke atas secara lurus.

Setelahnya, biarkan sejenak demikian. Namun jika rasanya bisa lebih tinggi dalam mengangkat kedua kaki tersebut, maka bisa di coba dengan cara mengangkat lebih tinggi bagian bokong ke atas.

Baca juga beritaku: 10 Jenis Olahraga Ringan di Rumah Untuk Badan Ideal

Sehingga hal tersebut membuat kaki dapat lebih terangkat ke atas. Tapi juga perlu kalian ingat bahwa saat melakukan hal tersebut, poin pertama yang perlu diingat adalah masalah bagian tangan dan bagian tubuh yang menjadi tumpuan.

Keduanya harus sama-sama kuat saat akan mengangkat kaki lebih tinggi, jika kita bandingkan dengan ketinggian sebelumnya.

Dan jika kalian masih pemula dalam hal pembelajaran olahraga ini, disarankan untuk berada pada bawah pengawasan profesional.

Yang mana dapat mengawasi gerak kalian dalam mempelajari senam ini, juga menutup kemungkinan kalian terkena cedera yang cukup serius, dan sebagainya.

Jenis dan Cara Sikap Lilin

Jenis sikap lilin awalan telentang (Foto: docplayer.info)

Senam ini mempunyai beberapa teknik atau cara yang dapat kalian pelajari dengan mudah. Yang mana kuncinya adalah perlu adanya keseimbangan untuk bentuk lilin yang sempurna.

Juga ketahanan daripada tangan serta tubuh bagian bawah kalian dalam menopang berat kaki yang sedang kalian angkat ke atas, menyerupai lilin.

Jadi, beberapa jenis dan cara dari sikap tersebut antara lain:

Sikap Awalan Jongkok

Biasanya sikap ini sudah bisa dilakukan oleh beberapa orang yang profesional, yang mana sudah paham dengan apa yang menjadi tumpuan, dan bagaimana caranya mempertahankan sikap tersebut tetap begitu, hingga usai.

Caranya adalah dengan mengawalkan diri dengan sikap jongkok, lalu meletakkan kedua telapak tangan persis pada bagian bawah dari dagu, namun tidak terlalu ke bawah.

Selanjutnya adalah mencoba satu kaki terangkat ke atas, hingga menemukan keseimbangan serta tumpuan yang pas. Ketika keduanya sudah pas, maka mencoba kembali dengan mengangkat dua kaki tersebut.

Hingga keduanya bisa berbentuk seperti lilin yang sempurna.

Sikap Awalan Telentang

Sikap ini biasanya diperuntukkan kepada mereka yang barusaja mengawali diri untuk mendalami olahraga tersebut. Hal ini agar memudahkan mereka dalam praktek, serta mengecilkan kemungkinan mereka terkena cedera.

Biasanya sikap pertama adalah mereka harus telentang terlebih dahulu. Lalu meluruskan tangan mereka, yang mana nantinya tangan tersebut akan menjadi salah satu komponen dalam menopang bagian tubuh yang terangkat.

Setelah itu, mulai mencoba untuk mengangkat satu kaki perlahan, guna untuk mengerti pada bagian mana yang menjadi tumpuan yang tepat, sehingga saat melakukan sikap tersebut bisa lebih maksimal.

Jika sudah, maka akan mencoba untuk mengangkat kaki sebelahnya, dan mulai mencoba untuk menopang berat badan yang kita angkat menggunakan kedua tangan kita.

Untuk sikap ini sendiri masih harus dalam pengawasan profesional. Jika tidak, maka kalian dapat mengalami cedera yang levelnya bisa cukup serius.


Manfaat Sikap Lilin

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa manfaat dari olahraga ini, yang dapat kita ambil dan pelajari. Yang paling penting adalah kita bisa lebih mengatur pernafasan kita.

Sehingga kesehatan paru-paru dapat terjaga dengan baik, serta beberapa komponen organ tubuh lainnya yang juga akan mendapatkan feedback yang baik ketika kita melakukan hal tersebut. Maka, berikut beberapa listnya:\

Keseimbangan Tubuh

Kita sudah menyingggung bahwasannya olahraga ini menitikberatkan pada keseimbangan tubuh. Otomatis hal yang akan kita bidik adalah keseimbangan tubuh kita.

Baca juga beritaku: Sejarah Olahraga Biliar: Definisi Hingga Induk Organisasi

Dan dalam mempertahankan keseimbangan butuh konsentrasi dan kefokusan yang lebih, sehingga kita terlatih dalam hal tersebut.

Kelenturan Tubuh

Selain menjaga keseimbangan, olahgara ini juga menumpu kepada sebuah kelenturan tubuh, yang nantinya mereka akan mendapatkan berbagai gerakan lain setelah itu.

Seperti menekukkan tubuh dengan pelan guna melatih kelenturan tubuh, dan sebagainya.

Pembentukan Otot Perut

Dalam menahan beban yang ada di atas lalu harus mendapatkan tumpuan pada tubuh bagian bawah agar posisi terus demikian, secara tidak langsung otot perut kita juga ikut mencoba menopang.

Sehingga akan menciptakan otot perut yang terlatih, serta terbentuk dengan cara yang alami. Juga hal tersebut dapat mengurangi lemak dalam tubuh, terutama pada bagian perut.

Kesehatan Tubuh

Sudah pasti bahwa olahraga jenis apapun, mereka akan membawa berbagai manfaat yang bisa manusia rasakan, terutama dalam hal ini adalah rasa lebih sehat dan bugar.

Begitu juga dengan jenis olahraga ini, yang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia, sehingga memberikan dampak yang baik terhadap sistem imun daripada manusia itu sendiri.


Gambar Sikap Lilin

Oleh karena hal tersebutlah, terdapat beberapa gambar dari sikap tersebut, guna untuk memudahkan kalian dalam mempelajari olahraga yang satu ini.

Karena bagaimanapun semua olahraga memiliki tekniknya yang perlu kita perhatikan. Sehingga resiko cedera pun bisa terminimalisir dengan baik.

Jadi, berikut beberapa gambar serta penjelasannya:

Sikap lilin telentang
Sikap lilin posisi awalan telentang (Foto: tutorialolahraga)
Jenis sikap lilin posisi awalan jongkok (Foto: orami.co.id)


Jenis Tumpuan

Tumpuan tersebut terdiri dari dua jenis, yakni tumpuan tangan, lalu tumpuan pada bagian bawah tubuh kita, yang juga ikut menopang beban dari atas ke bawah.

Hal ini berguna untuk menyeimbangkan tubuh agar tetap pada posisi yang sudah ditentukan, serta dalam kurun waktu tertentu.

Jenis olahraga ini juga butuh kekuatan lebih dalam menopangnya, sehingga bagi pemula, sangat disarankan untuk menggunakan posisi tumpuan awal, yakni badan bagian bawah yang menjadi tumpuan.

Baca juga beritaku: Olahraga Biliar: 8 Pemain Tercantik, Tata Cara, Induk Organisasi

Sehingga meminimalisir cedera serius yang bisa mereka rasakan nantinya, jika menggunakan cara lain, walaupun itu berada pada pengawasan profesional.

Itulah beberapa hal mengenai jenis dan cara dari olahraga tersebut yang dapat kita pelajari lebih dalam lagi.


Sikap dan Posisi Awal

Hingga terdapat 2 jenis sikap serta posisi awal dari olahraga tersebut. Dan menjelma menjadi satu poin penting dalam mempelajari sikap tersebut.

Juga biasanya untuk memberikan pilihan kepada beberapa orang yang mau mempelajari olahraga ini, agar mereka minim terkena cedera, antara lain:

Sikap Jongkok

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwa sikap jongkok adalah salah satu sikap pertama yang sering dilakukan oleh orang yang sudah ahli dalam olahraga ini.

Mereka biasanya menumpukan semua bebannya pada kedua tangan mereka yang berada dalam satu kesatuan gerakan tersebut.

Sikap Telentang

Untuk jenis ini biasanya mereka akan menopang berat dari bagian tubuh yang mereka angkat ke atas, itu terbagi kepada dua bagian.

Yakni pada bagian tangan, serta pada tubuh bagian bawah yang juga ikut mempertahankan sikap tersebut. Untuk memulainya, kalian harus menghadap pandangan ke depan, konsentrasi.

Setelah itu mencoba satu kaki kalian angkat dengan satu tangan yang menjadi tumpuannya. Setelah itu kalian dapat mencoba untuk mengangkat satu kaki yang lain, sehingga berbentuk lilin yang sempurna.


Fungsi Kedua Tangan pada Sikap Lilin

Fungsi tumpuan dari sikap lilin
Jenis tumpuan senam lantai (Foto: id.berita.yahoo.com)

Terlepas dari hal tersebut, ada satu kesimpulan yang bisa kita tarik, yakni pentingnya peran daripada tangan dalam gerakan ini.

Dan jika kita telaah lebih dalam, bahwasannya mereka menjadi satu penopang yang penting, guna mempertahankan sikap tersebut.

Mengingat sikap lilin sangat membutuhkan keseimbangan yang kuat, sehingga sikap kita dapat berbentuk sesuai dengan ekspektasi yang ada.

Selain itu, kedua tangan terutama pada bagian telapak. Kita dapat mengetahui pada posisi mana kita dapat menopang daripada beban tersebut.

Baca juga beritaku: Mengenal Olahraga Pilates Dengan 7 Manfaat dan Efek Sampingnya

Sehingga nantinya resiko kuwalahan dan berakhir pada cedera bisa terminimalisir dengan baik. Secara tidak langsung, kita akan melatih otot tangan kita agar terbentuk lebih alami, lebih kuat, dan baik.


Dampak Melakukan Sikap Lilin yang Tidak Sesuai

Dan pasti akan ada pertanyaan yang terbesit dari kita, tentang apakah akan fatal jika kita tidak melakukan sikap tersebut tidak sesuai dengan aturan?

Jawabannya adalah ada, dan tingkat kefatalannya bisa saja lebih tinggi. Secara umum pun jenis olahraga apapun jika tidak dilakukan sesuai dengan aturan, pasti akan mengalami yang namanya feedback negatif.

Entah bentuk cedera biasa, hingga pada level yang harus mendapatkan penanganan pertama dari pihak medis. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk melaksanakan olahraga jenis apapun yang sesuai dengan aturan.

Sehingga berbagai kemungkinan buruk yang ada, dapat terminimalisir secara otomatis. Dan perlu diingat bahwa semua harus hati-hati dalam melakukannya, karena jika kita sudah paham namun tidak berhati-hati, endingnya pun bisa saja sama.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan tentang sikap lilin kali ini. Dari beberapa pembahasan tadi kita dapat memahami bahwasannya jenis olahraga tersebut memiliki aturan, hingga kebermanfaatannya bagi manusia.

Dan sangat disarankan kepada kita sesama manusia, untuk melakukan olahraga (entah jenis apapun) agar nantinya dapat menjaga kesehatan kita, bahkan bisa lebih baik sistem imun tubuh dalam menangkal sumber penyakit apapun, yang akan menyerang kita.

Sekian, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://perpustakaan.id/senam-lantai-sikap-lilin/
  2. https://tirto.id/macam-gerak-senam-lantai-cara-sikap-lilin-kayang-kopstand-gax4