Kecantikan Suku di Pulau Sumatera
Suku Tercantik di Pulau Sumatera

Pulau Sumatera: Pengaruh Islam, dan 5 suku tercantiknya.

Diposting pada

Kebudayaan terindah di Indonesia, salah satunya terdapat di Pulau Sumatera. Selain memiliki fenomena alamnya yang mempesona, pulau ini juga terkenal memiliki berbagai suku yang unik dan cantik, karena keanekaragamannya.

Beritaku.id, Budaya – Pulau Sumatera mendapatkan karunia dari Tuhan, berupa keindahan alamnya, yang bagaikan lukisan hidup. Namun hal tersebut menjadi semakin sempurna, manakala provinsi ini juga menjadi salah satu pulau, yang memiliki suku tercantik di Indonesia.

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Budaya)

Pulau Sumatera merupakan yang terbesar kedua di Indonesia. Selain itu, pulau ini juga merupakan yang terbesar keenam di dunia. Luas dari wilayah Sumatera sendiri, mencapai hingga sekitar 473. 481 km persegi.

Keunikan lain dari Pulau Sumatera adalah, berbagai julukan atau nama lain, yang tidak semua orang mengetahuinya. Beberapa contoh dari sebutan tersebut seperti, Pulau Andalas, Pulau Percha, Suwarnadwipa, Suvarnabhumi dan Bumi Malayu.

Berbagai Provinsi di Pulau Sumatera

Peta Pulau Andalas
Peta Provinsi Pulau Sumatera

Sumatera juga merupakan pulau yang terdiri dari beberapa provinsi. Adapun provinsi yang menjadi bagian dari pulau ini adalah, seperti yang tertera pada ulasan berikutnya.

Daerah Istimewa Aceh / Nangroe Aceh Darussalam

Penyebutan sebagai Daerah Istimewa Aceh, sudah berganti menjadi Nangroe Aceh Darussalam. Provinsi ini terletak di ujung utara Pulau Sumatera, dan juga berbatasan dengan Malaysia.

Provinsi Aceh juga merupakan tempat penyebaran agama Islam di Indonesia yang pertama, sehingga mendapatkan julukan Serambi Mekah. Selain itu, wilayah Aceh juga terkenal karena kefanatikan nya terhadap agama, dan lebih konservatif dalam menerima kebudayaan barat.  

Jumlah pemeluk Agama Islam  di Aceh juga paling banyak  di Indonesia. Selain itu, masyarakat  Aceh juga terkenal akan syariat Islamnya. Berbeda dengan provinsi Sumatera lainnya, Aceh memiliki wilayah otonomi sendiri, karena alasan sejarah.

Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara memiliki lokasi yang tidak jauh dari Aceh. Dan Medan sebagai ibukota provinsinya, merupakan nomor tiga terbesar di Indonesia,  setelah Jakarta dan Surabaya. 

Sumatera Barat

Provinsi yang beribukota di Padang ini, juga  terkenal akan wisata kuliner nya. Hidangan khas padang yang pedas tapi nikmat tersebut, bahkan sudah populer di seluruh dunia.

Kepulauan Riau

Kepulauan Riau merupakan suatu provinsi, yang 96 persen dari wilayahnya adalah perairan. Selain itu, wilayahnya juga terbilang sangat kecil secara administratif, karena hanya  memiliki 4 kabupaten, dan 2 kota. 

Namun meskipun begitu, jumlah pulau  yang terdapat di Kepulauan Riau cukup banyak, yaitu sekitar 2.408 pulau. Fakta lain yang cukup unik mengenai Kepulauan Riau adalah, 30 persen dari semua kepulauan tersebut, bahkan belum memiliki nama.

Jambi

Kota Jambi juga merupakan provinsi, yang terletak di pesisir timur Pulau Sumatera. Kota ini juga memiliki 11 kota dan kabupaten, serta luas wilayah sekitar 53.435 km² 

Bengkulu

Provinsi yang satu ini terkenal sebagai habitat tempat tumbuhnya Bunga Rafflesia Arnoldi. Sedangkan keunikan lain dari Bengkulu adalah, masyarakatnya yang merupakan gabungan dari beberapa etnis suku di Indonesia.

Contoh daripada beberapa suku tersebut adalah,  Suku Rejang, Serawai, Jawa, Lembak, Minangkabau, Melayu Bengkulu, dan lain sebagainya. 

Sumatera Selatan

Ibukota Palembang  merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan, yang dulunya merupakan kerajaan Sriwijaya. Provinsi ini juga terkenal akan landmarknya, berupa Jembatan Ampera dan Sungai Musi. 

Selain itu, Palembang juga identik dengan makanan khasnya, yaitu Pempek Palembang. Hidangan tradisional ini, bahkan sudah menjadi salah satu hidangan paling ikonik di Indonesia.

Lampung

Provinsi yang terletak pada bagian paling selatan di Sumatera adalah Lampung, yang juga berbatasan langsung dengan Selat Sunda dan Laut Jawa. Lampung juga merupakan provinsi yang paling dekat dengan Pulau Jawa.

Daftar Suku Yang Terdapat Di Pulau Sumatera

Daftar Suku di Pulau Andalas
Lompat Batu Suku Nias

Provinsi Sumatera terkenal kaya akan berbagai macam sukunya, yang tersebar dari ujung utara hingga selatan kepulauan. Adapun berbagai suku yang mendiami pulau ini adalah:

Wilayah Aceh

Di Aceh terdapat beberapa suku, yang cukup tenar bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Aceh

Suku ini merupakan suku asli dari Masyarakat Aceh, yang kebanyakan bertempat tinggal di wilayah pesisir pedalaman. Mayoritas dari suku Aceh memeluk Agama Islam, dan menggunakan Bahasa Aceh.

Gayo

Suku Gayo lebih banyak bermukim di dataran tinggi, dan mayoritas bermukim di Kabupaten Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tengah. Namun selain pada dataran tinggi tersebut, mereka juga tinggal pada beberapa kecamatan di Aceh Timur. 

Keberadaan suku yang cukup banyak populasinya ini, juga mendiami beberapa desa di Kabupaten Aceh Tamiang dan Aceh Tenggara. Masyarakat Suku Gayo mayoritas beragama Islam, dan menggunakan bahasa tradisional Gayo.

Aneuk Jamee

Suku Aneuk Jamee adalah  suku yang mendiami beberapa bagian pesisir barat Aceh, dan juga masih memiliki rumpun yang sama dengan Suku Minangkabau. Sedangkan bahasa yang mereka gunakan adalah Bahasa Jamee.

Adapun keunikan dari bahasa tradisional tersebut adalah, tata bahasanya yang hampir mirip dengan bahasa Minangkabau, namun memiliki logat Aceh.

Wilayah Sumatera Utara

Beberapa suku yang terdapat pada wilayah Sumatera Utara, daftarnya seperti yang tertera pada ulasan berikut ini.

Melayu

Suku Melayu yang menjadi penghuni Semenanjung Malaya, merupakan salah satu yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara. Sedangkan asal mula dari Suku Melayu sendiri, berasal dari Kerajaan Melayu yang terdapat di Pulau Sumatera. 

Selain terdapat di Sumatera Utara, keberadaan suku ini juga  tersebar di beberapa wilayah lain Sumatera, Kalimantan, Thailand dan juga India.

Nias

Suku Nias memiliki pulau tersendiri, yang terkenal sebagai Pulau Nias, di wilayah Sumatera Utara. Suku ini juga merupakan salah satu suku tertua di Pulau Sumatera. 

Batak Mandailing

Suku yang menempati wilayah bagian utara Pulau Sumatera ini, tersebar di bagian Kabupaten Mandailing Natal, Padang Lawas, hingga Padang Lawas Utara.

Wilayah Sumatera Barat, Riau dan Daerah Jambi

Beberapa suku yang terdapat di bawah ini, merupakan suku-suku yang berdomisili di Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan juga Jambi.

Minangkabau

Suku Minangkabau atau Minang, terletak di  Provinsi Sumatera Barat, yang menerapkan sistem matrilineal dalam kehidupannya. Selain itu, suku ini juga masih merupakan satu rumpun dengan Suku Melayu.

Kerinci

Suku yang bermukim di wilayah Jambi tersebut, merupakan salah satu suku tertua di Pulau Sumatra. Masyarakat Suku Kerinci memiliki bahasa tradisionalnya sendiri, yang bernama Bahasa Kerinci.

Wilayah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung

Provinsi Sumatera Selatan dan juga sekitaran Bangka Belitung, memiliki cukup banyak suku. Adapun beberapa nama dari suku tersebut, terdapat pada ulasan berikutnya.

Palembang

Sesuai dengan namanya, Palembang memiliki suku yang juga bernama sama, dan banyak bermukim di sekitar pesisir Sungai Musi.

Komering

Suku Komering merupakan suku yang berasal dari Sumatera Selatan, dan terbagi menjadi dua kelompok masyarakat . Kelompok pertama adalah Komering Ilir, sementara yang lainnya adalah Komering Ulu.

Wilayah Bengkulu dan Lampung

Pada bagian wilayah Bengkulu dan Lampung, terdapat beberapa suku yang cukup unik, seperti pada daftar berikut ini.

Lampung

Banyak orang yang  lebih mengenal Suku Lampung sebagai Ulun Lappung. Namun tidak banyak yang mengetahui, bahwa suku ini masuk dalam rumpun Lampung.

Rejang

Suku Rejang merupakan salah satu suku yang tertua di Sumatera. Suku ini masuk dalam kategori Melayu Proto atau Melayu Tua, berdasarkan logat dari bahasa daerah nya, yaitu Bahasa Rejang. 

Pengaruh Islam Di Pulau Sumatera

Penyebaran Islam di Pulau Sumatera
Peta Penyebaran Agama Islam di Sumatera

Masuknya Islam di Sumatera, adalah cikal bakal dari terjadinya penyebaran agama ini di seluruh Indonesia. Kedatangannya pertama kali, melalui suatu jalur wilayah yang terletak di Pantai Barat Sumatera, pada abad ke-7.

Pada saat yang sama, di ranah Sumatera telah berdiri Kerajaan Sriwijaya. yang telah memiliki pengaruh dari Agama Budha. Setelah itu, perkembangan Islam pun mulai meluas  ke wilayah Aceh, sebelum akhirnya semakin berkembang ke seluruh Indonesia. 

Pembawa Islam ke wilayah Indonesia saat itu adalah, para pedagang dari Gujarat, Persia, serta para saudagar dari Arab. Perkembangan Islam yang begitu pesat kala itu, akhirnya banyak meninggalkan berbagai macam peninggalan bersejarah. 

Dari semua peninggalan tersebut, dapat terlihat jelas adanya pengaruh Islam yang sangat kental di Sumatera, pada masa lalu.

Agama Islam di Pulau Sumatera

Berkembangnya Agama Islam di Sumatera, awalnya terjadi karena terbukanya jalur perdagangan pada abad ke-7. Para pedagang tersebut singgah pertama kalinya, melalui Pelabuhan Barus di Sumatera Utara. Dan sebagai catatan, Barus merupakan pelabuhan internasional pada masa itu.

Hal lain yang menyebabkan semakin kentalnya pengaruh Islam di Sumatera adalah, banyak terjadinya perkawinan campur, antara para saudagar Arab dengan masyarakat suku setempat. Dari hasil perkawinan tersebut, akhirnya terbentuklah komunitas muslim di Sumatera.

Suku Tercantik di Pulau Sumatera

Banyak  orang yang menganggap, bahwa suku tercantik hanya terdapat di Pulau Jawa dan Sulawesi saja. Namun anggapan tersebut sebenarnya salah besar. Karena beberapa suku di Sumatera, selain terkenal karena budayanya, justru juga terkenal karena kecantikannya.

Masih penasaran  dengan daftar dari suku tercantik di Sumatera tersebut? Berikut ini adalah 5 suku tercantik, yang terdapat di Sumatera.

1. Suku Aceh. 

Suku Aceh
Kecantikan Suku Aceh

Sejak dahulu, Suku Aceh memang sudah terkenal akan kecantikannya. Bukan hanya kecantikan masyarakatnya yang memiliki wajah khas campuran antara Indonesia, Arab dan Melayu, namun juga fanatismenya akan Agama Islam.

2. Suku Palembang

Wanita Tercantik Palembang
Kecantikan Suku Palembang

Menuju ke Sumatera bagian selatan, Palembang sudah terkenal akan kecantikan para gadis dan perjakanya, yang mayoritas berkulit putih bersih. Selain itu, Suku Palembang juga memiliki kecantikan akan Kain Songketnya, yang sangat tersohor di dunia.

3. Suku Minangkabau 

Gadis Minangkabau di Sumatera
Kecantikan Suku Minangkabau

Bukan hanya Kota Padangnya yang indah, namun Suku Minangkabau atau Minang, juga terkenal akan kecantikannya. Sama halnya dengan Suku Aceh, mereka juga memiliki profil wajah campuran, antara Asia dan Timur Tengah.

Selain itu, Kota Padang sendiri sangat terkenal akan kulinernya, yang sudah lama mendunia. 

4. Suku Nias

Suku Tercantik Nias di sumatera
Kecantikan Suku Nias

Pulau Nias merupakan tempat bermukimnya masyarakat dari Suku Nias. Keunikan dari suku tersebut adalah, karena memiliki profil wajah oriental khas Mongolia, dari para penduduknya. Selain itu, kulit mereka juga berwarna kuning langsat seperti pualam.

Keindahan lain yang terdapat pada Budaya Nias adalah, Budaya Lompat Batu atau “Hombo Batu” dalam bahasa setempat 

5. Suku Komering

Suku Tercantik Komering di Sumatera
Kecantikan Suku Komering

Selain terkenal sebagai penghasil Buah Duku terbesar, Komering juga memiliki suku yang juga populer, karena kecantikan para wanitanya. Profilnya yang bertubuh langsing dan tinggi semampai, semakin lengkap dengan kulitnya yang berwarna putih bersih.

Penutup

Indonesia memiliki berbagai macam suku bangsa, yang tersebar di berbagai wilayah. Khususnya bagi suku yang terdapat di Pulau Sumatera, semuanya memiliki keunikan dan kecantikannya secara individu.


Bagikan Ke