Pemain Voli Tercantik
Deretan Pemain Voli Berparas Cantik

Terbaik Dalam Dunia Voli: Setter, Libero, Tergagah Dan Tercantik

Posted on

Dua posisi terbaik dalam dunia voli, Setter dan Libero berhasil membawa antusiame mendalam bagi publik terhadap olahraga ini. Dua posisi tersebut memiliki biduk tergagah dan tercantik.

Beritaku.id – Olahraga. Tidak hanya pemeran drama yang molek nan rupawan. Ternyata para atlet pun demikian. Mereka tak hanya cantik namun juga sehat. Contohnya pada jalur olahraga voli. Setter dan Libero adalah posisi penuh rupawan.

Oleh Tika (Penulis Olahraga)

Mengenal Secara Singkat Olahraga Voli

terbaik dalam permainan voli
Salah Satu Teknik Permainan Voli

Bola voli merupakan sebuah olahraga yang melibatkan dua grup berlawanan. Terdiri atas enam orang dalam masing-masing grup.

Namun berbeda dengan voli pantai dengan variasi pemain sebanyak dua orang dalam satu tim. FIVB adalah induk organisasi internasional untuk olahraga ini.

Olahraga ini memerlukan tempat berupa lapangan. Ukuran standarnya adalah 18 x 9 meter baik secara nasional maupun internasional. Dengan demikian, tidak terdapat perbedaan antara skala nasional maupun internasional.

Panjang lapangan adalah 18 meter dan lebar 9 meter. Lebar garis serang adalah 3 meter dengan lebar garis tengah 5 cm.

Ukuran area servis adalah 3 meter dengan tinggi tiang net 2.55 meter. Hal ini sedikit berbeda bagi laki-laki. Tinggi tiang net adalah 2,43 meter.

Jarak tiang net dengan pinggir lapangan adalah 0,6 meter dengan pita bagian tepi atas dan pita samping net 5 cm. Tinggi antena adalah 80 cm dengan net kotak-kotak berukuran 10 cm persegi.

Baca juga beritaku: Olahraga Biliar: 8 Pemain Tercantik, Tata Cara, Induk Organisasi

Peraturan Olahraga Voli

Semua jenis olahraga memiliki peraturan untuk mengatur jalannya permainan. Untuk voli, aturan mendasarnya adalah satu tim terdiri atas 6 orang.

terbaik dalam permainan voli
Bola Voli

Pemain wajib memakai pakaian seragam olahraga dengan nomor punggung dan dada.

Adanya pergeseran pemain saat melakukan servis maka harus berputar searah jarum jam

Sistem rally poin harus minimal 15 poin. Lama permainan adalah berdasarkan jumlah poin minimal tersebut.

Terdapat satu orang wasit yang memimpin pertandingan. Ada pula 4 orang sebagai penjaga garis dan 1 orang lagi untuk mencatat skor.

Setiap regu boleh memainkan bola dengan ketentuan maksimal 3x umpan.

Pemain tidak boleh memainkan bola lebih dari 1x dengan berturut-turut sehingga harus memberi kesempatan bagi pemain lainnya.

Bola akan memiliki poin masuk jika jatuh menempel ke tanah pada bagian dalam. Ia juga terhitung masuk jika berada pada garis lapangan.

Baca juga beritaku: Suku Tercantik Indonesia: 5 Daftar Yang Wajib Diketahui

Induk Voli Amerika Dan Malaysia

Voli Dunia

Seperti halnya olahraga lainnya, voli juga memiliki induk organisasi. Ia bernama FIVB yang merupakan singkatan dari Federation Internationale de Volleyball.

FIVB bertanggung jawab terhadap 221 federasi bola voli yang berasal dari beragam negara. Terdapat pula beberapa turnamen rutin yang menjadi wewenang FIVB. Turnamen tersebut baik untuk tim putra maupun tim putri.

Piala Dunia Bola Voli serta kompetisi di Olimpiade musim panas merupakan beberapa jenis pertandingan oleh FIVB. Negara-negara unggulan dalam olahraga voli internasional adalah Brazil, Amerika Serikat, Rusia, Italia, dan China.

Adapun induk organisasi voli di Amerika Selatan bernama Confederación Sudamericana de Voleibol (CSV).

Setter Terbaik Dalam Dunia Voli

Setter dalam voli

Mirip dengan sepak bola, permainan voli juga memiliki beberapa posisi memukau. Salah satunya adalah setter. Terbaik dalam dunia voli, Nootsara Tomkom merupakan ikon setter terbaik.

Nootsara memulai debutnya di tim nasional Thailand hampir 20 tahun lalu. Ia telah menghasilkan banyak prestasi untuk Thailand.

Setter Nootsara Tomkom
Nootsara Tomkom

Nootsara telah membantu timnas Thailand mendapatkan banyak medali bertahun-tahun.

Mulanya adalah 10 medali emas di SEA Games. Kemudian 2 medali emas Kejuaraan Asia. Ada pula 1 medali emas Piala Asia dan masih banyak medali perak dan perunggu atas penyerta pencapaian tersebut.

Nootsara memiliki kontribusi besar dalam kemenangan klub Turki Fenerbahçe. Kala itu di Liga Turki dan Piala Turki, ia membantu Fenerbahçe untuk mendapat medali perunggu.

Bantuannya ini sangat nyata di Liga Champions CEV bersama Rabita Baku dari Azerbaijan.

Wanita cantik ini juga telah memenangkan banyak penghargaan individu. Penghargaan yang paling terkenal adalah saat ia terpilih sebagai Setter Terbaik di Liga Champions CEV (2013-2014).

Nootsara secara luas menjadi salah satu setter terbaik di dunia.

Ia tetap tampil rendah hati sekalipun banyak memiliki prestasi. Ia selalu menghargai orang-orang yang telah mendukungnya menjadi seorang setter terbaik

Wanita ini merupakan atlet yang sangat berbakat. Ia memahami nilai dari keahliannya. Namun ia tetap menjaga kerendahan hatinya di tengah kesuksesan serta prestasinya

Libero Terbaik Dunia Dalam Bola Voli

Libero adalah posisi bertahan terhadap serangan dalam dunia voli. Ia akan berdiri di garis belakang permainan. Biasanya mereka mmeiliki postur tubuh yang tinggi.

Akan tetapi, seorang pemuda bernama Farhad Zarif tidak memiliki postur tersebut. Kendati demikian, ia berhasil menjadi Libero terbaik dunia.

Pemain Terkeren dan Terbaik Dalam Dunia Voli

Pemain voli terkeren


Ada beberapa pemain voli keren yang dapat membuat kita berpikir bahwa mereka sebaiknya jadi artis atau penyanyi saja. Siapa sajakah mereka?

1. Giberto Amaury de Godoy Filho

Pria ini berasal dari Brasil dan kini usianya sudah menginjak 40 tahun. Ia adalah salah satu pemain voli paling baik di dunia selama tahun 2000-an. Ia adalah seorang spiker luar.

Membela Brasil dari tahun 1996-2012, ia pun menjadi kebanggaan negaranya saat itu. Kemudian di tahun 2003, ia pernah memenangkan Piala Dunia.

Yaitu pada tahun 2001, 2003 hingga 2007, serta 2009 hingga 2010. Saat itu Brazil menadi negara yag sulit tumbang karena ia berhasil meraih juara Liga Dunia sebanyak 8 kali.

Juara Superliga 1999-2000 serta 2000-2001 juga adalah miliknya dan tim. Sungguh sebuah pertahanan kemenangan yang apik.

2. Hugo Nestor Conte

Pemain voli asal Argentina ini saat ini telah pensiun. Akan tetapi, namanya masih menggema dan menjadi kenangan bagi penggemar bola voli.

Ia pernah bermain tidak hanya untuk Argentina, namun juga untuk Prancis dan Italia. Mereka adalah 3 negara berbeda pada liga Italia.

Ia dan tim pernah mendapat gelar juara Eropa Liga Champions di tahun 1984 saat bersama tim Italia Santal Parma. Kemudian di tahun 1982, ia dan tim juga pernah menjuarai Kejuaraan Dunia Argentina.

Pada tahun 1988, ia dan tim memperoleh perunggu saat berpartisipasi dalam Olimpiade Seoul 1988. Itulah yang menyebabkan ia tetap menjadi primadona.

3. Jimmy George

Nama Jimmy George memang tidak boleh terlewat. Pria asal India tersebut merupakan pemain voli dari India pertama yang mampu bermain secara profesional.

Ia juga atlet pertama asal India dengan latihan fisik bola voli yang juga baik. Ia pernah memperoleh Arjuna Award di usianya ke-21.

Jimmy George juga memperoleh G.V. Raja Award dan Manorama Award di tahun 1975 dan 1976 dengan kategori Sportsman terbaik dari Kerala.

Sekalipun ia telah meninggal dunia di tahun 1987, namanya seolah tidak tergantikan dan tidak mudah terhapu. Sebabnya adalah karena ia orang India pertama yang berprofesi menjadi pemain voli profesional.

4. Josef Musil

Pria yang berasal dari Republik Ceko ini lahir pada tahun 1932 dan beliau meninggal dunia pada Agustus 2017. Ia adalah mantan pemain bola voli yang bergabung dengan Nation Team Cekoslowakia saat usianya baru 19 tahun.

Walaupun masih muda, ia berhasil membantu timnya mendapat 2 medali Olimpiade untuk Ceko di tahun 1964 dan 1968.

Ia dan tim juga memperoleh 3 buah medali di tahun 1952 dan 1967 saat Kejuaraan Dunia. Mereka juga memperoleh 5 buah medali Kejuaraan Dunia. 1 gelar Italia dan 7 kejuaraan Ceko adalah hasil kerja keras ia dan tim.

Mantan penguasa Ceko selama periode tersebut memberikan kehormatan tertinggi kepadanya. Ia mendapat julukan Merited Master of Sport.

FIVB menobatkannya sebagai pemain bola voli paling baik pada abad ini.

5. Karch Kiraly

Ialah pemain satu-satunya yang berhasil membawa medali emas Olimpiade untuk dua versi voli. Mereka adalah versi bola voli indoor dan bola voli pantai. S

Karch Kiraly menyandang penghargaan the Most Outstanding Player pada tahun 1981 dan 1982. Kala itu, iabermain untuk tim UCLA Bruins sejak tahun 1979 hingga 1982.

Ia memiliki julukan sebagai Volleyball Thunderball. Sehingga tidak salah jika ia menjadi pemain timnas tetap Amerika. Kiraly dan tim sukses meraih medali emas Olimpiade di tahun 1984.

Sama halnya saat ia menjadi kapten tim di tahun 1988. Itulah sebabnya FIVB memilihnya sebagai pemain terdepan dunia pada tahun 1986 dan 1988.

Bac ajuga beritaku: 15 Petenis Tercantik, Sejarah Permainan Dan Induk Organisasi

Atlet Wanita Voli Tercantik

Pemain Voli Wanita Tercantik

Tidak hanya pemain tampan dan keren yang akan dibahas, namun juga yang tercantik. Mereka adalah:

a. Kimura Saori
Pemain Tercantik Kimura Saori
Atlet Voli Kimura Saori

Ia adalah salah satu atlet voli Asia asal Jepang dengan paras sangat cantik dan menawan. Kimura Saori menjadi sorotan setelah ajang Olimpiade Athena 2004.

b. Hui Ruoqi
Hui Ruoqi
Pemain Hui Ruoqi

Berasal dari China, Hui Rooqi memiliki tubuh tinggi semampai bak model. Kemampuannya juga tidka perlu diragukan lagi. Ia memperkuat timnas voli putri China dan sukses membawa Timnas Voli China merebut medali emas.

Hal itu berlangsung di ajang Olimpiade Rio de Janiero 2016.

c. Neslihan Demir Darnel
Neslihan Demir Darnel
Neslihan Demir Darnel

Gadis cantik ini merupakan atlet voli asal Turki. Wajahnya sangat cantik dan menawan. Ia tidak hanya unggul secara fisik, namun jug apiawai memainkan bola.

d. Kristina Karapetyan
Atlet Kristina Karapetyan
Kristina Karapetyan

Nama selanjutnya adalah Kristina Karapetyan asal Kazakhstan. Namanya terkenal saat tampil dalam Asian Games 2018 Jakarta.

Ia telah membuktikan bahwa ia mahir bermain voli sehingga tidak patut untuk memujinya karena parasnya semata. Masih banyak pembuktian lagi darinya bersama timnya yang juga tak kalah cantik, Sabina.

e. Sabina Altynbekova.

Berasal dari Kazakhstan, dunia seakan tidak ada yang tidak mengenal namanya. Wajahnya yang mirip karakter anime membuatnya langsung memiliki banyak penggemar.

Sabina
Atlit Tercantik Sabina

Nama Sabina terkanl sejak ia tampil di Kejuaraan Asia Voli Junior 2014 di Taiwan. Bahkan media tidak henti mengulik kehidupan pribadi wanita cantik ini.

Itulah nama-nama atlet voli yang cantik bvesi Beritaku. Semoga menjadi pembelajaran dan menarik minat generasi muda untuk mengembangkan karier di dunia perolahragaan.

Tidak hanya artis yang bisa terkenal, apapun profesimu, tunjukkan bakat dan hasil terbaikmu.

Bagikan Ke