Titik 0 Sulawesi, Di Ujung Bira Bulukumba

02/01/2020-Wisata-237 dibaca

Titik Nol Atau 0 Sulawesi Ada Di Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulsel

Beritaku.Id, Wisata, Masuk di gerbang Bira. Selama ini hanya dikenal Pantai Bira dengan pemandangan pasir putihnya. Atau bergeser kekanan ke Pantai Bara, padahal di Pantai Bira ada alur kekiri, menuju ke Titik 0 Sulawesi, Kamis (2/1/2020).

Titik 0 Sulawesi ini banyak di sebut Titik Nol Bulukumba. Titik Nol Sulsel atau Titik 0 Bira, namun kesemua pernyataan itu benar adanya.

Setelah masuk di Gerbang selamat Datang di Pantai Bira. Langsung belok kiri kejalan menanjak, jalanan ketempat ini memang masih belum semulus jalan menuju ke Pantai Bira atau bara.

Jalanan dibeberapa titik masih kecil (sempit), namun bisa diakses dengan kendaraan roda empat.

Perjalanan menuju lokasi dipenuhi dipinggiri kiri dan kanan pohon-pohon yang keriting. Tidak subur karena kondisi tanah secara umum di Bira adalah berbatu.

Pohon-pohon kering, tumbuh gersang memenuhi lahan menuju titik 0 Sulawesi.

Sekitar 30 meter dari lokasi titik Nol Sulawesi, terdapat toilet umum disamping kanan, baru dibangun.

Titik 0 atau Nol Sulawesi memiliki suasana yang mirip dengan Appalarang. Hanya saja disini ada beberapa spot yang menarik, diantaranya : tangga kayu menuju kepantai berbentuk 0, tugu Bira dan tugu Pinisi.

Tangga Titik 0 Atau Nol Sulawesi

Titik 0 Sulawesi
Titik 0 Sulawesi di Tanjung Bira (Foto : Beritaku.Id)

Ketika sampai di tanjung, ada tangga menurun, yang akan dilewati, dengan bahan kayu yang cukup kuat. Tangga menempel kesamping kanan jurang.

Posisi tangga yang dirancang bersambung, untuk mengurangi tingkat curam tangga, disusun secara ganjil, 3, 5, 7, 9, 11, 13. Tetap ada anak tangga berjumlah 13 sebab orang Bulukumba tidak mengenal angka keramat 13.

Perjalanan menuruni tangga memakan waktu 15 menit dalam kondisi bersantai, hanya saja jika membawa anak-anak balita. Harus berhati-hati, karena pengaman tangga akan terbuka.

Setelah sampai di susunan angka 0. Disamping kanan laut lepas, disamping kiri tebing curam, dan ditengah bebatuan, masih ada jalan menuju kesisi kiria sejauh 50 meter.

Ditempat ini sangat bagus untuk sunset maupun sunrise, kondisinya lebih terbuka, tapi yang takut diketinggian, mesti hati-hati.

Lokasi ini instagramable, yang punya channel youtube, juga bisa mempergunakan lokasi ini untuk mengambil gambar memperkaya channel youtube.

Kedepan lokasi ini akan dibangun jalanan gantung terbuat dari kaca, untuk menambah fasilitas wisata di titik Nol.

“Disini akan dibangun beberapa Fasilitas. Dan dengar-dengar akan dibangun jalan gantung dengan bahan dasar kaca” Jelas Indah salah satu pengunjung yang temui Beritaku.Id.

Untuk kembali maka, melewati tangga, berjalan menuju naik melewati anak tangga demi anak tangga. Mekakan waktu 20 menit, dalam kondisi santai.

Tugu Pinisi di Titik 0 Nol Sulsel Di Bulukumba

Setelah kembali keposisi ujung atas tangga, maka belok kiri, akan kita temukan tugu Pinisi di titik Nol Sulawesi.

Tugu ini sebagai simbolitas masyarakat Bulukumba khususnya Bulukumba Timur sebagai pelaut ulung.

Tugu Pinisi di Titik 0 Sulawesi
Tugu Pinisi di Titik Nol Sulawesi (Foto : Beritaku.Id)

Penulis: Dhilah

PILIHAN Beritaku

Komentar