Hutan Sabana
Hutan Sabana di Afrika

Pengertian, 7 Ciri Dan Jenis Hutan Sabana

Diposting pada

Hutan Sabana merupakan padang rumput, yang merupakan ladang bagi tanaman perdu dan ciri beberapa jenis pohon tropis, seperti palem dan akasia.

Beritaku.id, Lestari – Alam menciptakan Hutan Sabana di muka Bumi ini, dengan keindahannya yang tiada terkira. Ribuan hewan liar, bebas berlarian sejauh mata memandang, laksana surga dunia bagi mereka.

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Lestari)

Pengertian Hutan Sabana

Padang Sabana di Afrika
Sabana

Sebelu membahas mengnai ciri khas, maka lebih awal kita membahas mengenai pengertian dari hutan jenis sabanya, yakni:

Hutan sabana merupakan kawasan berupa padang yang luas, dan juga merupakan habitat bagi tumbuhan semak dan perdu. Selain itu, sabana juga merupakan tempat tumbuhnya beberapa jenis pohon, seperti Palem dan Akasia.

Sedangkan wilayah padang Sabana berada, umumnya merupakan wilayah tropis dan subtropis, atau yang memiliki curah hujan rendah. Oleh karena itu, Sabana juga mendapat julukan sebagai padang rumput tropis.

Tergantung dari kondisi iklimnya, di dunia ini, terdapat berbagai jenis tipe Hutan Sabana, seperti di Afrika Timur yang paling terkenal. Namun selain di Afrika Timur, Sabana juga terdapat di beberapa negara lain seperti Amerika Selatan, Australia, dan juga Indonesia.

Ciri Hutan Sabana

Selain memiliki ciri umum seperti wilayahnya yang terletak di wilayah beriklim tropis dan subtropis, Hutan Sabana juga memiliki ciri lain, yaitu:

Memiliki Curah Hujan Musiman Dan Tidak Beraturan

Jika biasanya suatu hutan memiliki musim hujan dan kemarau yang berimbang siklusnya, maka lain halnya dengan Sabana. 

Hutan ini justru berada di wilayah tropis dengan curah hujan yang rendah dan tidak teratur. Jadi intinya, jika suatu wilayah memiliki curah hujan yang bersifat musiman, maka berpotensi memiliki Sabana.

Merupakan Habitat Bagi Tanaman Tropis

Suatu padang Sabana, merupakan hutan yang terbentuk secara alami, atau tercipta dengan sendirinya. Wilayahnya yang hangat serta curah hujan yang sangat jarang, sehingga menjadikannya sebagai rumah bagi tanaman tropis.

Beberapa habitat tanaman tropis yang biasanya tumbuh dengan mudah di hutan ini adalah Semak, Perdu, Palem dan Akasia. Karena pada dasarnya, semua tanaman tersebut tidak membutuhkan banyak asupan air.

Wilayahnya Memiliki Suhu Yang panas Sepanjang Tahun

Hutan Sabana memiliki suhu udara yang selalu hangat sepanjang tahun. Namun, walaupun begitu wilayahnya tetap mendapatkan hujan, dengan intensitas  sekitar 100 mm hingga 150 mm, setiap tahunnya.

Dapat Berubah Menjadi Hutan Basah Dan Semak Belukar

Padang yang luas ini, dapat juga  berubah menjadi hutan basah, maupun padang semak belukar, Tergantung dari situasi curah hujan, di wilayahnya masing-masing.

Jika curah hujannya sangat rendah, maka besar kemungkinan hutan tersebut akan berubah menjadi semak belukar. Namun, sebaliknya. Jika curah hujannya cukup tinggi, maka wilayah tersebut, akan berpotensi menjadi hutan basah. 

Memiliki Resapan dan Sistem Pengairan Yang Baik

Pada umumnya, Hutan Sabana memiliki resapan dan sistem pengairan yang baik. Sehingga, wilayahnya cenderung akan selalu kering sepanjang tahun.

Habitat Bagi Berbagai Hewan Liar

Sama dengan hutan lainnya, Padang Sabana juga menjadi rumah bagi berbagai hewan liar, herbivora, maupun karnivora. Beberapa hewan yang memiliki habitat di wilayah Sabana ini adalah, Macan Tutul, Gajah, Zebra, Singa, Jerapah, dan jenis lainnya. 

Jenis Tumbuhan dan Hewan di Sabana

Karena bentuk hutannya yang cukup unik, membuat Sabana memiliki jenis dengan ciri tumbuhan dan hewan yang spesifik dan berbeda dengan hutan lainnya. Beberapa perbedaan tersebut adalah:

Tumbuhan

Tidak semua jenis tumbuhan dapat hidup di wilayah tropis ini. Hanya rerumputan semak belukar, tanaman perdu, Akasia dan Palem yang dapat bertahan di habitat  hangat ini 

Selain itu, pola tumbuh dari semua tanaman tersebut tidak saling berdekatan, namun tersebar antara satu dengan lainnya, secara acak. 

Hal itu dapat terjadi, akibat dari curah hujan yang terbilang jarang. Sehingga, hanya jenis perdu dan rerumputan yang dapat hidup, karena mudah beradaptasi. 

Hewan

Hewan yang dapat bertahan hidup di Hutan Sabana, tentunya yang memiliki daya tahan terhadap iklim yang cukup panas. Beberapa contohnya adalah, badak, burung unta, macan tutul, singa, kuda nil, gajah afrika, reptil, dan lainnya.

Hutan Sabana Terindah Di Muka Bumi

Sudah bukan menjadi rahasia umum, jika Afrika terkenal akan padang savananya, yang paling sensasional di muka Bumi ini. Jadi tidak heran, nike keberadaannya sering tampil di media layar lebar sekelas film Box Office Hollywood .

Di bawah ini, kita akan ulas mengenai 4 Hutan Sabana terindah di Afrika. Penasaran? Yuk, ikuti ulasan berikutnya. 

1. Serengeti National Park

Serengeti National Park Afrika Hutan Sabana
Padang Sabana Serengeti National Park Afrika 

Serengeti National Park merupakan taman nasional tertua, yang memiliki begitu banyak hewan liar yang eksotis. Salah satu contohnya adalah Wildebeests, yang  telah bermigrasi  selama jutaan tahunan, selain Reptil, Zebra, Rusa dan juga predator lainnya.

Selain itu, taman nasional ini juga kaya akan berbagai tanaman perdu yang lebat, berupa semak belukar, dan tanaman tropis lainnya. Kondisi alam Afrika yang beriklim tropis, membuat pemandangan tanaman yang tumbuh tidak beraturan tersebut, bagaikan fatamorgana yang indah.

2. Kruger Park Safari

Kruger Park Safari Afrika Hutan Sabana
Kruger Park Safari Afrika Padang Sabana

Padang Sabana Kruger Park Safari, merupakan yang terbaik di Afrika. Salah satu pemandangan ikonik disana adalah, sekawanan gajah yang dapat berlarian dengan bebas, tanpa pembatas apapun.

Terlepas dari pemandangan yang fenomenal tersebut, kawasan Kruger Park Safari, tetap menjadi kawasan yang berbahaya. Pasalnya, karena sangat rawan akan serangan hewan liar dan reptil yang berkeliaran. 

 3. Masai Mara National Reserve

Masai Mara National Reserve Afrika Hutan Sabana
Migrasi Wildebeest di Masai Mara National Reserve Padang Sabana

Lokasi dari Masai Mara National Reserve, tepatnya berada di Kenya. Taman nasional ini, juga merupakan salah satu Padang Sabana terpopuler di dunia.

Selain terkenal akan kawanan gajahnya, Masai Mara juga terkenal dengan Harimau Putihnya yang sangat langka, dan juga kawanan Zebra liarnya.

 4. Amboseli

Amboselli Afrika Padang Sabana
Amboselli Kilimanjaro Padang Sabana

Wilayah Sabana Amboseli, terbentang luas, hingga sepanjang 400 kilometer persegi, dengan pemandangan alamnya yang bagaikan lukisan alam.  

Penampakan Gunung Kilimanjaro dengan puncaknya yang tertutup salju, serta kawanan hewan liarnya, menjadikan tempat ini sebagai Padang Sabana terbaik.

Jaraknya yang terletak sekitar empat jam perjalanan dari Nairobi, menjadi sensasi tersendiri jika berkendara kesana. Sepanjang perjalanan, dapat terlihat sekelompok Impala, Cheetah, Banteng dan Zebra yang saling berlarian di luasnya Sabana.

Hutan Sabana Terbaik  Di Indonesia

Di Indonesia, Padang Sabana terbaik, berada  di wilayah Indonesia Timur. Keindahannya juga menjadikan wilayah tersebut, berpotensi sebagai tempat wisata dan berpetualang. Destinasi Sabana terbaik di Indonesia tersebut adalah:

1. Kepulauan Komodo, Sabana di Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo Hutan Sabana
Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur, merupakan destinasi wisata kelas dunia saat ini. Dan sesuai dengan namanya, pulau ini identik dengan Komodo, yang menjadi simbol dari pulau tersebut.

Selain itu, Nusa Tenggara Timur juga terkenal akan Hutan Sabana yang luar biasa. Di padang ini, banyak sekali tumbuhan liar seperti lontar dan ilalang, yang tumbuh dengan suburnya

2. Sumba Timur, Sabana di Nusa Tenggara Timur

Sumba Timur Hutan Sabana
Padang Sabana Sumba Timur

Salah satu Padang Sabana yang populer di wilayah Nusa Tenggara Timur adalah, Sabana terluar di Sumba Timur. Lokasi ini juga berfungsi sebagai lahan peternakan, bagi penduduk setempat.

Oleh karena itu, banyak sekali hewan ternak seperti Sapi, Kuda, Kerbau, dan hewan lainnya, yang hidup secara liar di sana.

3. Tanjung Ringgit, Lombok, Sabana di Nusa Tenggara Barat

Tanjung Ringgit Lombok Hutan Sabana
Padang Sabana Tanjung Ringgit Lombok

Sabana Tanjung Ringgit, Nusa Tenggara Barat, adalah salah satu Hutan Sabana di Indonesia, yang lokasinya berdampingan dengan pantai.

Selain itu, di Sabana yang berlokasi di Lombok ini  juga memiliki tebing pantai yang curam, namun elok untuk dinikmati. Perpaduan ketiga karunia alam tersebut, telah berhasil membuat siapapun, terhipnotis akan keindahannya.

4. Sembalun, Sabana di Gunung Rinjani

Sembalun Gunung Rinjani Hutan Sabana
Padang Sabana Sembalun Gunung Rinjani

Sembalun adalah  jalur pendakian, bagi siapapun yang ingin berkunjung ke puncak Gunung Rinjani. Pada sepanjang jalur pendakian tersebut, terdapat Sabana yang terhampar sepanjang enam kilometer, atau tepatnya berada di sisi timur jalur pendakian.

Panorama alam Sabana Sembalun ini, bukanlah menjadi suatu rahasia lagi. Pemandangan indahnya yang memanjakan mata, seolah memanggil para pengunjungnya, untuk datang kembali di lain hari.

5. Baluran, Sabana di Jawa Timur

Taman Nasional Baluran Jawa Timur: Sabana
Taman Nasional Baluran Jawa Timur Padang Sabana

Hutan Baluran merupakan kawasan taman nasional, yang lokasinya berada di Situbondo, Jawa Timur. Taman Wisata Baluran ini, juga cukup populer di mata wisatawan domestik dan mancanegara.

Fenomena keindahan yang terpancar di kawasan ini, terlihat dari berbagai macam tumbuhan dan hutan liarnya. Contohnya seperti hutan bakau, dan padang rumput terhampar luas. 

Sedangkan hewan liar yang hidup di Sabana eksotis ini seperti Kijang, Banteng liar, dan Macan tutul yang hidup bebas.

6. Gunung Bromo, Sabana di Jawa Timur

Gunung Bromo Jawa Timur Hutan Sabana
Padang Sabana Gunung Bromo Jawa Timur

Dibalik keindahan Gunung Bromo yang terkenal itu, ternyata menjadi semakin lengkap, karena keberadaan Padang Sabananya yang sensasional!. Adapun letak dari Sabana Gunung Bromo tersebut, terletak di bagian sisi selatan gunung tersebut.

Keunikan lain dari Sabana ini adalah, bentuknya yang menyerupai perbukitan hijau bernama Lembah Jemplang

7. Cidaon, Sabana di Taman Nasional Ujung Kulon

Cidaon Ujung Kulon  Sabana
Taman Nasional Ujung Kulon Cidaon Padang Sabana

Ujung Kulon merupakan taman nasional, yang menjadi rumah bagi hewan endemik Badak Bercula Satu dan Banteng Liar. Lokasi dari Sabana yang terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon tersebut, terletak di Pulau Peucang.

Adapun nama dari Sabana tersebut adalah Sabana Cidaon, yang  masih belum banyak terjamah oleh manusia. Namun walaupun begitu, keindahannya tidaklah kalah dengan Padang Sabana lain di Indonesia.

8. Gunung Merbabu, Sabana di Taman Nasional

Taman Nasional Gunung Merbabu Sabana
Taman Nasional Gunung Merbabu Padang Sabana

Taman Nasional Gunung Merbabu memiliki berbagai macam koleksi tumbuhan dan hewan liar, serta  Padang Sabananya yang spektakuler.

Meskipun lokasinya tidak terlalu luas, namun keindahannya tetap tidak dapat terkalahkan oleh Sabana lainnya yang ada di muka Bumi ini. Sabana berwujud lembah dan punggungan  gunung tersebut,  merupakan jalur pendakian  bernama Sabana Selo

Penutup

Siapa menyangka, bahwa Indonesia memiliki Padang Sabana, yang tidak kalah memukaunya dengan Padang Sabana di Afrika, Amerika Selatan dan Australia.

Sebagian diantaranya, bahkan sudah menjadi destinasi wisata kelas dunia, yang wajib untuk masuk dalam “bucket list” destinasi wisata berikutnya.

Beberapa Padang Sabana terbaik di Indonesia, bukan hanya terdapat di Pulau Jawa, namun juga di pulau lain. Salah satunya adalah, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, yang menjadi ikon bagi habitat Komodo. 

Namun dari semua karunia keindahan tersebut, yang terpenting adalah manfaatnya, sebagai tempat bernaung, bagi bermacam flora dan fauna. Selain itu, juga berfungsi sebagai penyeimbang alam dari berbagai kerusakan yang telah terjadi. Hutan dengan Ciri Khas Sabana menjadi kekayaan Negara Indonesia.

Bagikan Ke