Via Vallen

Via Vallen VS Nella Kharisma: Biodata, Karier, Hingga Pendapatan

Diposting pada

Nella Kharisma Sebagai ikon musik dangdut modern, berbagi panggung dengan pedangdut tenar seangkatannya, Via Vallen. Sama-sama memulai karier dari Pantura, bagaimakah perbandingan kariernya hingga sukses? Seberapa besar pendapatan, fans, dan lika-liku kisah cintanya? Artikel ini akan membahas biodata lengkap mereka.

Beritaku.id, Lifestyle – Banyak orang tak menyangka, masyarakat Indonesia di luar wilayah Jawa Timur dapat menggilai music dangdut Pantura. Bahkan stasiun-stasiun televise kini tak segan menggundang artis Pantura untuk meramaikan berbagai acara. Mulai dari peringatan 17 Agustusan, Tahun Baru, hingga berbagai moment besar lainnya.

Oleh: Riska Putri (Penulis Lifestyle)

Terdapat banyak nama yang berhasil membawa aliran music ini ke puncak popularitasnya seperti saat ini. Di antaranya adalah Via Vallen dan Nella Kharisma.

Berbeda dengan penyanyi dangdut Pantura lainnya seperti Inul Daratista atau Ayu Tingting, Via dan Nella berhasil juga mempopulerkan lagu-lagu dangdut berbahasa Jawa. Semula tembang-tembang itu hanya umum di putar di kalangan masyarakat Jateng dan Jatim saja.

Keduanya pun seakan mengubah citra dangdut Pantura. Awalnya genre ini di anggap kuno dan norak, kini menjadi keren dan penuh gaya.

Seperti apa perbandingan kisah hidup, karier, pendapatan, basis penggemar, dan perjalanan cinta kedua artis muda ini? Mari kita bahas.

Biodata dan Awal Karier Nella Kharisma dan Via Vallen

Nella Kharisma
Nella Kharisma (Foto: Pob)

Nella Kharisma

Sabtu, 04 November 1994, bumi Kediri menyambut kehadiran sesosok malaikat mungil. Keluarga kecil seorang seniman campursari, Sutoyo, kembali di ramaikan tangisan bayi.

Nyaring dan lantang mengetuk gendang telinga. Kecemasan yang bercokol di dalam hati menguap habis di gantikan tangis bahagia.

Putri kecil itu di beri nama Nella Tri Charisma. Kehadirannya menjadi pelengkap keluarga Sutoyo, yang sebelumnya telah di ramaikan dua orang anak, Chandra dan Ratih.

Selama masa kecilnya, Nella sudah memperlihatkan bakat seni yang di turunkan dari kedua orang tuanya. Bahkan, di usia 3 tahun Nella sudah ikut nyinden di pagelaran wayang di kota kelahirannya.

Melalui bimbingan bapak dan ibunya, bakat seni yang mengalir dalam pembuluh darah Nella terus terasah.

Menginjak usia remaja, Nella yang bercita-cita ingin menjadi penyanyi telah mulai menapakkan kakinya di dunia hiburan.

Sejak kelas 3 SMP Nella sudah aktif bernyanyi, menganugerahi telinga masyarakat dengan suara emasnya. Panggung demi panggung ia jelajahi, bersama iringan organ tunggal yang setia menemani.

Baca Juga Beritaku: Arlida Putri Seksi, Penyanyi Dangdut Cantik Dengan Senyum Khas

Via Vallen

Tiga tahun sebelumnya, berjarak 123 km dari Kediri, pasangan Mohammad Arifin dan Rosida di selimuti rasa cemas penuh harap, menanti kelahiran anak pertamanya.

Rasa cemas itu terbayarkan tepat saat bulan berganti dari September ke Oktober. Tanggal 01 Oktober 1991 menjadi momen perayaan kelahiran putri pertama mereka, yang di beri nama Maulidia Oktavia.

Dara kelahiran Sidoarjo itu tumbuh besar menyaksikan punggung ayahanda tercinta, yang lengkung di bebani PHK dari pabrik tempatnya bekerja. Demi memenuhi kebutuhan keluarga, ayahandanya rela mengamen dari kampung ke kampung.

Via, panggilan akrabnya, diam-diam ikut turun ke jalanan untuk mengamen, demi membantu meringankan beban kedua orang tuanya. Parasnya yang ayu sumringah saat menyerahkan uang sebesar Rp 10.000 dari kepalan mungilnya kepada orang tua.

Meskipun sempat di marahi karena mengamen di jalanan, Via tak gentar, ia tetap mengamen meski harus sembunyi-sembunyi, jangan sampai ketahuan orang tuanya.

Tekadnya yang bulat meluluhkan hati sang ayah, yang kemudian membawa Via untuk menyanyi bersama organ tunggal dari satu hajatan ke hajatan lain.

Debut Via sebagai penyanyi hajatan saat kelas 5 SD, menjadi titik awal kariernya sebagai salah satu penyanyi dangdut paling terkenal di Indonesia saat ini.

Perbandingan Karier Nella Kharisma Dan Via Vallen

Nella Kharisma
Penyanyi dangdut Nella Kharisma

Karir Nella Kharisma

Aktif menyanyi sejak berusia 3 tahun, kemampuan Nella Kharisma tentu tidak perlu di ragukan lagi. Apalagi, ia mengawali karier bermusiknya sebagai sinden. Profesi sinden sendiri identik dengan tembang-tembang Jawa, yang membutuhkan teknik vokal kuat untuk dapat mengeksekusinya dengan baik.

Nella kemudian bergabung dengan Orkes Melayu “Lagista” pada tahun 2015. Sejak saat itulah, Nella mulai bersinar dan bertransformasi menjadi idola dangdut si sepanjang pesisir Jawa Timur.

Kabar mengenai teknik vokalnya yang kuat, serta popularitasnya yang santer terdengar di seantero Jawa Timur, akhirnya sampai ke telinga pimpinan Orkes Melayu “Monata”. Di tahun yang sama, Nella di minta bergabung dengan OM Monata, yang pada saat itu lebih besar dan terkenal di banding OM Lagista.

Tak lama setelah bergabung, penyanyi yang menolak berpakaian terbuka saat tampil ini merilis single pertamanya, Konco Mesra. Lagu garapan R. Husin Albana itu menjadi pembuka jalan bagi Nella, yang di gandeng oleh label Nagaswara pada tahun 2017.

Single keduanya, Jarang Goyang, semakin mengorbitkan nama Nella di panggung hiburan Tanah Air.

Karir Via Vallen

Tak jauh berbeda dengan Nella, Via Vallen pun mengawali popularitasnya ketika bergabung dengan Orkes Melayu.

Setelah melewati kerasnya kehidupan sebagai pengamen, kemudian menjadi penyanyi hajatan, Via akhirnya bergabung dengan Orkes Melayu “Sera” pada tahun 2008.

Talenta dan ciri khas Via yang kerap tampil membawakan lagu pop dengan cengkok dangdut, menjadi alasan salah satu OM terbesar tanah air itu tertarik pada Via.

Cukup lama berkarier bersama OM Sera, Via akhirnya merilis single pertama berjudul “Sayang” pada tahun 2015.

Lagu yang di rilis secara nasional itu mendapat banyak perhatian masyarakat, hingga pada tahun 2017 melejitkan nama Via di panggung hiburan Tanah Air. Saat ini, video klip lagu “Sayang” telah di tampilkan lebih dari 100 juta kali di kanal YouTube, serta telah membawakan penghasilan lebih dari Rp 1 miliar untuk Via.

Sering berwara-wiri di televisi, nama Via semakin bersinar saat berhasil memenangkan penghargaan SCTV Music Awards 2017 dalam kategori “Penyanyi Dangdut Paling Ngetop 2017”.

Pada tahun berikutnya, Via di dapuk untuk berpartisipasi menyanyikan lagu “Meraih Bintang”, yang merupakan salah satu lagu resmi untuk Asian Games 2018.

Baca Juga Beritaku: Nella Kharisma Janda Rasa Gadis 25 Tahun, Cantik Seksi

Perbandingan Fans

Berbagi panggung sebagai ikon musik dangdut modern, Nella Kharisma dan Via Vallen sama-sama memiliki fanbase setia.

Para fans pecinta Nella Kharisma menamakan dirinya “Nella Lovers”. Fanbase resmi Nella Lovers pun berdiri secara resmi pada tanggal 30 Juli 2013. Saat ini, akun Instagram resmi fanbase Nella Lovers (@nellalovers_id) telah memiliki lebih dari 100 ribu pengikut.

Sementara itu, fans Via Vallen mengambil nama “Vyanisty”, yang terinspirasi dari “Milanisti”, nama fanbase penggemar klub sepak bola AC Milan. Vyanisty secara resmi berdiri pada tanggal 24 September 2010.

Memiliki popularitas lebih tinggi di banding Nella, tak ayal pengikut akun Instagram resmi Vyanisty pun lebih besar. Hingga saat ini, akun @officialvyanisty telah di ikuti oleh lebih dari 223 ribu pengikut.

Fanatisme Fans

Meski berbeda jumlah, kedua fanbase tersebut memiliki kesamaan yaitu mengidolakan pujaannya secara fanatik.

Fanatisme ini tak jarang menghasilkan cibiran dari warganet pada Vyanisty, yang di nilai terlalu fanatik dan kerap bertingkah meresahkan.

Salah satu contohnya, ketika Via bersinggungan dengan Jerinx “Superman Is Dead”.

Jerinx yang tidak terima lagu garapannya di cover dan di koplokan oleh Via, mendapat banjir komentar pedas dari Vyanisty di akun Instagram pribadinya.

Hal ini kembali terulang ketika pengamat musik, Bens Leo, menyentil Via setelah kembali menjadi sorotan karena meng-cover lagu How You Like That milik grup idola Korea Selatan, Blackpink.

Bens serta warganet beranggapan bahwa hal itu tidak beretika, mengingat lagu How You Like That baru saja di rilis.

Ulah unik fans Via Vallen kembali mendapat sorotan, ketika salah satu fans yang merasa kecewa memutuskan untuk membakar mobil milik Via pada tahun 2020.

Jika di bandingkan dengan Vyanisty, Nella Lovers bisa di katakan memiliki kelakuan yang lebih baik.

Fanbase dara kelahiran Kediri itu hampir tak pernah di ekspos karena berita tak sedap.

Sebaliknya, Nella Lovers kerap mengingatkan Nella untuk tetap membumi, tetap sederhana dan ingat dari mana ia berasal.

Namun, namanya juga manusia, tidak ada yang sempurna, tidak ada yang bisa luput dari salah dan khilaf.

Nella Lovers sempat mendapat sorotan buruk ketika bertikai dengan penyanyi dangdut senior, Eny Sagita.

Pertikaian itu di mulai dari oknum Nella Lovers yang menuduh Eny pansos dan sirik terhadap popularitas Nella, berujung pada saling serang di kolom komentar akun Instagram pribadi Eny.

Hingga saat ini, pertikaian tersebut masih menyisakan ketegangan di antara keduanya.

Baca Juga Beritaku: Cengkok Maut Dan Tipis, 2 Hal Dalam Improvisasi Nada Musik Dangdut

Membandingkan Pendapatan

Via Vallen
Penyanyi dangdut Via Vallen

Berbeda dengan pegawai pemerintahan, tidak ada kewajiban bagi pekerja seni untuk mempublikasikan pendapatannya. Karena itu, sulit untuk mengetahui berapa pendapatan pasti seorang pekerja seni.

Namun, berdasarkan pemberitaan di tahun 2017, honor yang di terima Nella Kharisma untuk 1 jam tampil di panggung adalah sekitar Rp 25 juta.

Jumlah tersebut akan berlipat jika Nella mengisi acara akhir tahun. Untuk penampilan di akhir Desember 2017, honor yang harus di bayarkan untuk mengundang Nella adalah sekitar RP 70 juta, untuk penampilan selama 1 jam.

Sedangkan saat ini, beberapa sumber mengatakan honor yang di terima Nella sekali manggung adalah sebesar Rp 40 juta. Dalam sebulan, biduan asal Kediri itu bisa manggung hingga 20 kali, yang berarti ia bisa mengantongi pendapatan Rp 800 juta per bulan dari honor manggung.

Pendapatan tersebut belum termasuk penghasilan lain seperti tampil di acara televisi, royalty album, royalty lagu, endorsement, dan lain sebagainya. Nella di perkirakan bisa mengantongi uang sebesar Rp 200 hingga RP 300 juta sebulan dari pendapatan lainnya tersebut.

Berarti, dalam satu bulan Nella bisa meraup penghasilan sekitar Rp 1 miliar.

Sementara itu, Via yang dahulu sumringah dengan pendapatan Rp 25 ribu sekali manggung di hajatan, kini di kabarkan bertarif Rp 150 juta sekali manggung.

Jika dalam satu bulan Via manggung sebanyak 20 kali, berarti ia bisa mengantongi pendapatan sebesar Rp 3 miliar per bulan.

Angka tersebut belum termasuk berbagai pendapatan Via yang lain, seperti kanal YouTube pribadinya yang bisa menghasilkan uang Rp 372 juta – Rp 993 juta dalam sebulan.

Kisah Cinta

Berbeda dengan banyak artis Tanah Air yang kerap memamerkan kemesraan dengan pasangan, Nella Kharisma termasuk salah satu artis yang tertutup dalam hal ini.

Sejak kemunculannya, di ketahui bahwa Nella tidak pernah sekalipun membicarakan kehidupan percintaannya. Bahkan, ketika santer beredar kabar ia telah menikah dengan penabuh kendang OM Lagista, Cak Malik, Nella memilih bungkam.

Terpaan kabar tak sedap itu terus berhembus kencang, hingga pada tahun 2020 Nella buka suara dan membantah kebenaran kabar miring tentang dirinya.

Setelah kabar keterlibatan dirinya dengan Cak Malik berlalu, warganet kemudian menyoroti kedekatannya dengan Dory Harsa. Kedekatannya dengan penabuh kendang grup musik Didi Kempot itu banyak di pertanyakan.

Meskipun demikian, seperti sebelumnya Nella memilih untuk bungkam. Kebungkamannya itu di akhiri pada tanggal 10 September 2020.

Nella membenarkan kabar yang santer beredar bahwa ia telah menikah dengan Dory. Ia menyebut bahwa pernikahan itu di langsungkan di Kediri, pada tanggal 15 Agustus 2020.

Sama seperti Nella, Via Vallen juga merupakan salah satu artis yang cukup tertutup mengenai hubungan asmaranya. Pedangdut muda ini nyaris tidak pernah terlihat menjalin hubungan asmara dengan seorang pria.

Meskipun begitu, bukan berarti Via tak pernah di terpa isu miring. Beberapa waktu lalu, santer beredar kabar bahwa Via telah menikah dan memiliki anak.

Meskipun merasa kecewa, Via enggan berkomentar mengenai isu miring yang menerpa dirinya itu.

Hingga saat ini, penyanyi yang merayakan ulang tahun ke 29 di tahun 2020 lalu ini masih enggan membuka mulut mengenai percintaannya. Dilansir dari wawancara dengan Tabloid Bintang, Via menjelaskan bahwa ia tidak memiliki waktu untuk berpacara, karena hampir setiap hari bekerja.

Daftar Pustaka

  1. Nella Kharisma. Wikipedia Bahasa Indonesia. Diakses pada 26 Januari 2021.
  2. Via Vallen. Wikipedia. Diakses pada 26 Januari 2021.
  3. GridHot.ID by Kompas Gramedia. Diakses pada 26 Januari 2021.
  4. Kumparan. Diakses pada 26 Januari 2021.
  5. HaiBunda.com by Detik Network. Diakses pada 26 Januari 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *