olahraga voli mempertinggi badan

Voli Mempertinggi Badan

Diposting pada

Olahraga merupakan kegiatan yang selain dapat menyehatkan, rupanya juga ada beberapa yang dapat menambah tinggi badan hingga menambah berat badan. Salah satunya adalah olahraga voli mempertinggi badan dan 4 olahraga lain yang meninggikan badan.

Beritaku.id, Olahraga – Hidup sehat dapat kita mulai dengan melakukan olahraga-olahraga ringan di rumah. Dengan rutin melakukan olahraga-olahraga tertentu rupanya juga dapat memberi manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita.

Oleh : Luluk Fadiyah (Penulis Lifestyle)

Permainan bola voli merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat, baik dari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. Di Indonesia, olahraga ini kerap kita mainkan dan sudah memiliki banyak sekali organisasi yang menaunginya.

Tidak hanya di Indonesia, rupanya olahraga ini juga cukup populer di luar negri seperti olahraga-olahraga populer lainnya seperti bola basket, bola kaki, tenis, dan olahraga-olahraga lainnya. Kepopulerannya semakin meningkat seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi.

Kini ada banyak sekali atlet-atlet pemain voli ternama yang bermunculan di layar kaca televisi atau di internet. Hal tersebut membuktikan minat masyarakat yang begitu tinggi terhadap olahraga tersebut, sehingga acara-acara olahraga voli banyak peminatnya.

Olahraga yang satu ini dapat dimainkan oleh siapa saja yang terdiri dari 2 regu, masing-masing regu terdiri dari 6 orang. Untuk memainkannya perlengkapan yang harus kita persiapkan adalah lapangan voli, bola voli serta net untuk pembatasnya.

Untuk mengenal olahraga ini lebih dalam, mari simak beberapa pembahasannya seperti sejarah, jenis gerakan, dan lain sebagainya berikut ini.

Baca juga beritaku : 6 Pemain Voli Tercantik Dunia, Adakah Indonesia?

Sejarah Singkat Permainan Volli

Olahraga bola voli merupakan salah satu jenis olahraga yang cara memainkannya menggunakan bola berbahan karet atau kulit. Cara memainkannya adalah dengan beregu yang terdiri dari 2 regu. Masing-masing regu terdiri dari 6 pemain.

Tujuan dari olahraga ini adalah untuk memukul bola sehingga dapat melewati bata (net) dan jatuh di area (lapangan) lawan. Ada cara tertentu untuk memukul bolanya, agar bola dapat memantul dan melewati net dengan baik sehingga dapat masuk di area lawan.

Dalam setiap permainan terdiri dari 2 hingga 3 babak dengan skor yang harus dicapai adalah 25. Regu yang lebih dulu mendapatkan skor 25 akan menjadi pemenang di babak pertama permainan. Pada babak selanjutnya pun demikian, hingga pemenang final adalah mereka yang dapat memenangkan permainan hingga 2 babak.

Penemu olahraga ini adalah William G. Morgan, ia adalah seorang pekerja pendidikan jasmani di Young Men’s Christian Association (YMCA), Massachusetts. Permainan ini ada sejak akhir abad ke-19.

Saat itu William terinspirasi dari permainan bola basket yang begitu populer di kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Dirinya kemudian berfikir bagaimana cara menemukan olahraga serupa yang dapat menarik minat masyarakat agar lebih giat berolahraga.

Akhirnya muncullah ide permain bola voli yang saat itu bernama mintonette. Olahraga tersebut adalah penggabungan dari olahraga bola basket dengan olahraga bulu tangkis dan baseball.

Saat itu mintonette belum begitu populer seperti olahraga bola basket, bulu tangkis dan baseball. Namun William terus menyebarkan permainan tersebut kepada anak-anak dan remaja sekitar tempatnya tinggal.

Seiring dengan berkembangnya waktu, akhirnya masyarakat mulai menikmati permainan tersebut. Mulai dari satu tempat ke tempat yang lain permainan ini banyak dimainkan, hingga pada tahun 1896 mintonette resmi berganti nama menjadi volleyball atau bola voli.

Awal mula permainan ini masuk di Indonesia saat masa penjajahan, ketika itu ada beberapa tentara dari Belanda yang membawa permainan ini ke Indonesia.

Baca juga beritaku : Permainan Bola Voli: Eksistensi, Sejarah Sejak Abad 18, Induk Organisasi

Alasan Permainan Voli Mempertinggi Badan

permainan bola voli mempertinggi badan

Umumnya tinggi badan seseorang ditentukan oleh tulang dan otot, seseorang yang memiliki tubuh tinggi akan memiliki struktur tulang dan otot yang lebih panjang. Namun seseorang yang bertubuh pendek akan memiliki bentuk tulang dan otot yang lebih pendek.

Hal tersebut terjadi karena tulang dan otot merupakan alat gerak yang kita perlukan dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, memiliki tubuh yang tinggi menjadi nilai lebih bagi seseorang terutama dalam mendukung karirnya. Namun ada beberapa jenis pekerjaan yang tidak juga memperdulikan tinggi badan.

Meskipun demikian, memiliki tubuh yang tinggi menjadi dambaan setiap orang. Ada yang mendapatkannya secara cuma-cuma karena faktor genetik atau keturunan, ada juga yang mendapatkannya dengan cara berusaha. Mulai dari menjaga pola makan, pola hidup hingga melakukan olahraga-olahraga tertentu yang dapat menambah tinggi badan.

Salah satu jenis olahraga yang dapat mempertinggi badan adalah olahraga voli, banyak yang sependapat bahwa voli dapat menambah mempertinggi badan. Sebab dalam permainannya banyak gerakan-gerakan melompat yang dapat menambah tinggi badan.

Selain itu, olahraga ini juga membantu dalam pembentukan otot dan persendian. Jika rutin memainkan permainan ini dapat membantu kita untuk menghindari resiko terjadinya cedera pada otot dan sendi. Tulang juga menjadi lebih kuat dan tidak mudah keropos. Kabar baiknya, permainan ini dapat membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Banyak pemain voli yang memiliki tubuh tinggi yang ideal. Rupanya selain gen, ada faktor lainnya yang dapat menjadikan tubuh mereka tinggi. Yaitu karena seringnya mereka melakukan gerakan-gerakan tertentu yang dapat menambah tinggi badan seperti gerakan melompat dan smash.

Gerakan tersebut dapat merenggangkan tulang dan sendi yang ada pada kaki, tulang bagian atas serta tulang bagian lengan. Dengan demikian, olahraga ini juga menjadi salah satu faktor yang dapat meninggikan badan.

Tidak hanya itu, jika ingin mempertinggi badan maka harus memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Pola hidup dan suplemen pendukung juga berperan.

Jenis Gerakan Permainan Untuk Menurunkan Berat Badan

Selain bermanfaat untuk mempertinggi badan, rupanya olahraga voli juga dapat menurunkan berat badan. Jadi, jika anda ingin memiliki berat badan yang ideak dapat rutin melakukan olahraga ini.

Olahraga ini termasuk jenis olahraga kardio aerobik, yaitu jenis olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung seseorang. Sama seperti olahraga lari, basket, renang, dan olahraga lainnya, olahraga ini mampu meningkatkan detak jantung.

Jika rutin melakukan olahraga ini selama kurang lebih 20 hingga 30 menit maka dapat meningkatkan denyut nadi hingga 80% dari denyut nadi normal pada umumnya. Sebab jantung manusia terdiri dari otot–otot halus yang terus bergerak.

Apabila otot-otot yang ada di jantung kuat, maka pembuluh darah yang berperan untuk mengalirkan darah pun akan lebih cepat dan dapat banyak mengalirkan darah. Dengan pembuluh darah yang kuat maka oksigen yang dialirkan dalam tubuh akan lebih banyak.

Hal tersebut menguntungkan, sebab sel-sel yang terbentuk dapat membakar lemak yang ada di tubuh. Ketika melakukan olahraga, sel-sel tersebut akan terus membakar lemak-lemak yang menumpuk di tubuh, bahkan ketika istirahat sejenak pun sel-sel tersebut akan tetap membakar lemak.

Itulah sebabnya mengapa olahraga sangat diperlukan untuk proses pembakaran lemak dalam tubuh. Termasuk permainan voli yang juga dapat membakar lemak di tubuh dengan baik. Sehingga berat badan akan menyesuaikan.

Dengan rutin melakukan olahraga ini mampu menurunkan berat badan secara ideal. Badan juga akan terasa ringan dan segar, begitu pula dengan postur tubuh juga akan ikut terbentuk dan lebih ramping.

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa dengan berlahraga voli secara rutin selama kurang lebih 1 tahun yang masing-masing sesi selama 20 menit dapat membakar lemak di tubuh. Bahkan kalori yang dapat terbakar mencapai 459.900 atau setara dengan 6 kg berat badan manusia.

Angka tersebut cukup memuaskan bagi anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Dengan olahraga yang mudah dan dapat anda lakukan kapan saja di rumah tentunya.

5 Olahraga Lain Untuk Mempertinggi Badan

Selain permainan voli, masih banyak jenis olahraga lainnya yang juga dapat mempertinggi badan. Berikut ini beberapa olahraga yang dapat meninggikan badan.

Baca juga beritaku : Olahraga Basket, Sejarah, Cаbаng dаn Wadah Induk

1. Basket

Gerakan berlari dan melompat dalam permainan bola basket dapat membantu mininggikan badan. Ketika tubuh berlari otot pada kaki dan lempeng pertumbuhan akan mengalami guncangan. Hal tersebut dapat mendorong banyak aliran darah masuk dan merangsang pertumbuhan tulang.

Saat melakukan lompatan, tubuh melawan gravitasi dan ketika kaki bertumpu ke tanah akan mengalami kontraksi. Sehingga otot dan tulang akan lebih mudah untuk tuumbuh tinggi.

2. Renang

Berenang juga menjadi salah satu olahraga yang dapat membantu untuk menambah tinggi badan. Sebab dalam gerakan renang tubuh akan mengapung di air, sehingga otot dan sendi akan mengalami perenggangan dan gerakan memancal air dan mengayunkan tangan dapat memicu pertumbuhan tulang.

Tidak heran jika para atlet renang umumnya memiliki tubuh yang tinggi dan ramping. Sebab mereka rutin melakukan gerakan-gerakan yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan juga membakar lemak dalam tubuh.

3. Lompat Tali

Hampir sama dengan gerakan dalam permainan bola voli, olahraga lompat tali juga fokus pada gerakan melompat. Dimana ketika melompat tubuh menolak gaya gravitasi dan ketika kaki menyentuh ke tanah akan melakukan kontraksi.

Hal tersebut memberi ruang untuk tulang tumbuh lebih cepat ketika terjadi perenggangan otot dan sendi. Sehingga dengan rutin melakukan lompat tali dapat mempercepat proses peninggian badan.

4. Bulu Tangkis

Berakan melompat ketika melakukan smash dalam permainan bulu tangkis juga dapat membantu proses menambah tinggi badan pada seseorang. Dengan rutin melalkukan olahraga ini dapat menjadikan otot dan sendi lebih kuat.

Pertumbuhan tulang juga akan lebih cepat, sebab gerakan melompat dalam permainan bulu tangkis dapat merenggangkan otot dan sendi. Sehingga peredara darah dan detak jantung lebih cepat beredar. Hal tersebut dapat membantu proses pertumbuhan tulang dan pembakaran sel-sel lemak di tubuh.

Pemain Volly Dunia Yang Melegenda

Bicara soal atlet voli, tentu saja ada banyak sekali yang telah berhasil meraih berbagai prestasi. Keberhasilannya dalam berbagai kejuaraan bergengsi di tingkat Nasional dan Internasional menjadikannya semakin populr.

Bahkan, atlet-atlet voli lainnya juga mengidolakannya. Kepopulerannya tidak hanya sebatas dalam beberapa masa, hingga kini atlet-atlet tersebut masih konsisten mempertahankan prestasinya. Berikut ini 3 daftar nama pemain bola voli dunia yang melegenda berkat prestasinya.

Baca juga beritaku : Olahraga Renang: Keindahan Hingga Berat Badan Ideal

1. Gilberto Amaury de Godoy Filho

Prestasi :

  • Juara 1 kompetisi Piala Dunia Bola Voli tahun 2003
  • Juara 1 Liga Dunia secara berturut-turut sejak 2001 hingga 2010
  • Memenangkan Kejuaraan Amerika Selatan pada tahun 1994
  • Menjadi juara 2 pada kompetisi Kejuaraan Dunia FIVB tahun 2006
  • Juara kompetisi Superliga musim 1999-2000 dan 2001-2002
  • Mendapat gelar juara dunia sebanyak 3 kali pada tahun 2002, 2006 dan 2010
  • Membawa pulang medali perak pada kompetisi Olimpiade Beijing tahun 2008
  • Juara 1 kejuaraan Liga Dunia tahun 2009

2. Hugo Nestor Conte

Prestasi :

  • Menyumbang medali perunggu dalam olimpiade Seoul pada tahun 1988
  • Mendapat medali perunggu dalam Kejuaraan Dunia di Argentina pada tahun 1982
  • Juara 1 kompetisi Liga Champion Eropa dengan tim Santal Parma pada tahun 1984

3. Jimmy George

Prestasi :

  • Mendapat penghargaan Arjuna Award
  • Meraih penghargaan G.V Raja Award pada tahun 1975
  • Mendapat gelar atllet terbaik dari Manorama Award pada tahun 1976
  • Menyumbang medali perunggu pada kompetisi olahraga voli di Olimpiade pada tahun 1986
  • Aktif dalam liga voli profesional yang diselenggarakan di Italia pada tahun 1982-1984 dan 1985-1987

Baca juga beritaku : Senam Olahraga Jodoh: Pengertian, 3 Prinsip & Induk

Bagikan Ke