Tanaman Berkhasiat

14 Manfaat Ketepeng Cina Untuk Kesehatan

Diposting pada

Ketepeng Cina atau nama lain dari Daun Kaskado, merupakan tanaman berbentuk perdu, yang berasal dari daratan tropis Amerika. Di Indonesia sendiri, tanaman ini banyak tumbuh di tanah Papua, dan juga terkenal sebagai tanaman herbal.

Beritaku.id, Lestari – Alam merupakan tempat yang subur, bagi tumbuhnya berbagai macam tanaman. Seolah mengerti apa yang terbaik bagi manusia, alam memperlihatkan kepeduliannya, melalui Ketepeng Cina yang berkhasiat bagi kesehatan.

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Lestari)

Ketepeng Cina merupakan tanaman herbal yang cukup banyak penggemar, yang tinggal di berbagai wilayah Indonesia. Selain karena mudahnya mendapatkannya, namun juga memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Daun Kaskado yang merupakan nama lain dari Ketepeng Cina, ternyata  juga memiliki beberapa sebutan lainnya, di berbagai daerah berikut ini.

  • Ketepeng Kebo (Jawa) 
  • Ki Manila, Ketepeng Badak (Sunda) 
  • Acon-aconan (Madura) 
  • Sajamera (Halmahera) 
  • Kupang-kupang (Ternate) 
  • Tabankun (Tidore) 
  • Daun kupang, Daun kurap, Gelenggang (Sumatera) 
  • Ura’kap (Busang)

Selain itu di Negara Inggris, tanaman perdu ini juga terkenal dengan sebutan “Seven Golden Candlestick”. Sedangkan dalam di Negara Filipina lebih terkenal dengan nama “Akapulko”.

Klasifikasi & Nama Latin Ketepeng Cina

Tanaman Ketepeng Cina  memiliki nama latin Cassia alata L , yang klasifikasinya adalah sebagai berikut ini:

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Divisi: Magnoliophyta, 

Super Divisi: Spermatophyta

Sub Divisi: Angiospermae

Kelas: Magnoliopsida

Sub Kelas: Rosidae

Family: Fabaceae

Bangsa: Rosales

Suku:Leuminosae

Genus: Cassia

Spesies: Cassia alata L

Ordo: Fabales

Bentuk Struktur

Ketepeng Cina
Struktur Tanaman Herbal Ketepeng

Ketepeng Cina merupakan tanaman herbal yang memiliki beberapa ciri khas, pada bentuk dan strukturnya. Beberapa ciri morfologinya, dapat terlihat pada setiap bagiannya, seperti yang tertera pada penjelasan di bawah ini.

Batang & Daun

Daun Kaskado dapat tumbuh tinggi mencapai ketinggian 5 meter. Sedangkan ciri-ciri fisik dari batangnya sendiri adalah, memiliki bentuk bulat, simpodial, dan berwarna kecoklatan. Untuk tulangan daunnya berbentuk menyirip, bertangkai pendek, dengan daun berwarna hijau.

Daun perdu liar ini sendiri merupakan daun majemuk yang bersirip genap, dan juga memiliki anak daun berjumlah antara 8 hingga 24 pasang. Morfologi daunnya berbentuk bulat dan panjang, dengan ujung  yang tumpul. 

Ciri khas lainnya yang terdapat pada tanaman herbal ini adalah, tepian daunnya yang rata, dan juga  pangkal daun yang agak bulat. Ukuran panjang dari daunnya, berkisar  antara 3,5-15 cm, dengan lebar sepanjang 2,5-9 cm. 

Bunga

Tanaman Herbal ini akan berbunga pada sekitar Mei-Agustus, yang merupakan bunga majemuk  berbentuk tandan. Selain itu, kelopak bunganya terbagi menjadi  lima, dengan benang sarinya yang berwarna kuning, dan berjumlah tiga buah. 

Namun yang paling menarik dari Bunga Ketepeng Cina ini adalah, mahkota bunganya berbentuk unik, sekilas menyerupai kupu-kupu berwarna kuning. 

Buah

Buah dari tanaman perdu liar ini berbentuk Buah Polong, yang  panjangnya dapat mencapai 18 cm, dengan lebar sekitar 2,5 cm. Keunikan lain dari buahnya adalah, saat masih muda akan berwarna hijau, namun saat  menjelang tua, warnanya berubah menjadi hitam kecoklatan.

Biji

Bagian dari biji tanaman herbal  berbentuk segitiga lancip yang pipih. Dan saat masih muda, bijinya akan berwarna kehijauan, namun setelah menua, akan berubah menjadi kehitaman.

Akar

Bagian akar dari tanaman berkhasiat ini, memiliki akar tunggang yang bercabang, serta berbentuk bulat dan memiliki warna kehitaman.

Habitat & Sebaran Ketepeng Cina

Walaupun negara asalnya berasal dari Amerika, Ketepeng Cina juga tersebar luas pada wilayah tropis Pulau Papua. Daerah tumbuh tanaman ini berada pada daerah dataran rendah, hingga ketinggian 1000 m di atas permukaan laut.

Karena sifatnya yang dapat berfungsi sebagai tanaman herbal berkhasiat, sehingga banyak yang menggunakannya sebagai obat penyakit kulit.

Sama halnya dengan Papua, di wilayah lain Indonesia, tanaman ini juga menjadi ramuan tradisional untuk penyakit lainnya. Beberapa contoh dari penyakit tersebut adalah, malaria, sembelit, sifilis, herpes, influenza dan juga bronkitis.

Sebenarnya tidaklah terlalu mengherankan, jika banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan tanaman ini. Karena pada dasarnya, daun Kaskado memiliki habitat dan daerah sebaran yang cukup banyak, di seluruh Nusantara ini.

Tanaman ini tumbuh secara liar pada setiap wilayah yang memiliki ekosistem hutan hujan tropis, dan juga habitat yang lembab. Selain itu, tanaman herbal ini  juga dapat tumbuh di pinggiran rawa dan tepi jalan, dan juga perkebunan. 

Tersebar luas di wilayah tropis Papua, dari dataran rendah hingga ketinggian kira-kira 1000 m diatas permukaan laut

Manfaat Dan Efek Samping Ketepeng cina

Daun Kaskado memiliki kandungan yang bermanfaat bagi manusia. Beberapa dari kandungan tersebut adalah, saponin, alkaloid, steroid, tanin, antrakuinon, flavonoid dan juga karbohidrat. 

Flavonoid dalam tanaman herbal ini, memiliki khasiat sebagai antialergi, antiinflamasi, antioksidan, antibakteri. Selain itu, juga sudah terbukti efektif dapat mengatasi beberapa golongan jamur tertentu. 

Berdasarkan faktanya, sejauh ini belum terdapat adanya bukti efek samping, yang dapat terjadi ketika menggunakan tanaman ini. 

Beberapa manfaat dari Ketepeng Cina yang berkhasiat ini adalah:

1. Ramuan Ampuh Pembasmi Cacing Kremi

Daun Ketepeng juga cukup ampuh dalam mengatasi cacing kremi pada anak-anak, dan juga orang dewasa. Penyakit ini dapat menyerang sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan penderita menjadi kurang sehat. 

Cacing kremi
Bentuk Cacing Kremi (Foto: Asia Parent)

Caranya cukup mudah, petik 10 lembar daun ketepeng, 2 sendok teh bubuk kelembak dan juga perasan jeruk nipis secukupnya. Kemudian rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai mendidih, dan tunggu hingga air rebusan tersisa 1 gelas. Kemudian saring, dan minum selagi hangat.

2. Mengatasi Masalah Perut Kembung

Khasiat lain dari tumbuhan herbal ini adalah, mampu mengatasi perut kembung dan juga masuk angin dengan sangat cepat. Selain dapat membuat rasa tidak nyaman, perut kembung juga dapat membuat nafsu makan menjadi terganggu.

Adapun resepnya adalah, petik 10 lembar daun ketepeng  yang masih segar, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Tunggu air rebusan sampai tersisa hanya 1 gelas. Kemudian saring, dan minum selagi hangat sampai habis.

3. Mengobati Sariawan

Ketepeng Cina Obat Sariawan
Ketepeng Untuk Obat Sariawan

Banyak orang yang percaya dan sudah membuktikan, bahwa Daun Ketepeng cukup ampuh sebagai obat sariawan. Gejala panas dalam yang biasanya membuat bagian bibir atau gusi menjadi bengkak, dapat reda oleh tanaman ini.

Caranya hanya dengan mengunyah sekitar 4 lembar daun herbal, yang sudah direndam dengan air garam. Setelah itu, telan air dari daun yang keluar saat sedang mengunyah, dan buang ampasnya. Lakukan hal tersebut sebanyak  2-3 kali sehari, hingga sembuh.

4. Mengobati Luka Gigitan Ular

Luka akibat gigitan ular dapat menjadi fatal apabila tidak mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat. Daun ketepeng adalah salah satu dari pengobatan alternatif, yang cukup ampuh dalam mengatasi luka gigitan tersebut.

Gigitan ular sangatlah berbahaya, karena mengandung racun atau bisa, yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Jika terlambat dalam menanganinya, maka dapat menjadi fatal akibatnya.

5. Melancarkan Urine

Pengeluaran urine yang tidak lancar, dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit lain dalam tubuh manusia. Selain dengan banyak minum air putih, daun ketepeng juga terbukti ampuh sebagai solusi alternatif, untuk mengatasi gangguan ini.

6. Mengobati Eksim

Ketepeng Cina Mengobati Eksin
Daun Berkhasiat Untuk Penyakit Kulit

Daun ketepeng juga dapat mengatasi eksim pada kulit. Caranya hanya dengan menghaluskan daunnya, kemudian tambahkan dengan sedikit adas pulowaras, dan sedikit kapur sirih. 

Setelah itu, balurkan pada bagian yang terkena eksim. Ulangi pengobatan ini setiap  2-3 kali sehari, selama sampai eksim menghilang.

7. Mengatasi Panu dan Kurap

Penyakit kulit seperti Panu dan Kurap dapat menghilang hanya dengan menggunakan daun ketepeng sebagai obat tradisional. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengambil beberapa helai daun, kemudian rebus  dengan air secukupnya. 

Setelah itu, tambahkan 1 sendok makan kapur sirih, dan haluskan. Kemudian, gosokkan pada bagian kulit yang terjangkit panu atau kurap. Lakukan pengobatan ini sebanyak 2 kali sehari, sampai gejala hilang.

8. Mencegah Jerawat dan Mencerahkan Wajah

Penyakit kulit lainnya yang terbukti ampuh dengan menggunakan pengobatan daun ketepeng adalah mencegah jerawat. Selain itu, khasiat lainnya juga dapat mencerahkan dan menghaluskan  kulit wajah.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengeringkan atau menghaluskannya sebagai krim lulur untuk perawatan kulit.

9. Menghilangkan Jamur Pada Kulit

Untuk menghilangkan jamur pada kulit, dengan menggunakan daun herbal ketepeng adalah,

petik  dua tangkai daun, kemudian tumbuk halus sampai mengeluarkan cairan. Setelah itu, tambahkan sedikit kapur sirih, lalu usapkan pada kulit yang terkena jamur.

10. Mencegah Hipertensi

Daun ketepeng juga terbukti ampuh sebagai obat anti hipertensi adalah khasiat ampuh dari daun ketepeng. Caranya hanya dengan meminum air rebusan  daun secara rutin, sambil tetap melakukan pola hidup sehat.

11. Meredakan Nyeri Haid

Ketepeng Cina Meredakan Nyeri Haid
Daun Herbal Meredakan Nyeri Haid

Nyeri perut saat mengalami menstruasi biasa terjadi  pada banyak perempuan. Terkadang bahkan dapat membuat beberapa orang menjadi tidak sadarkan diri. Untuk mengatasinya, seringlah minum air rebusan daun ketepeng, hingga rasa nyeri menjadi reda.

12. Mengobati  Wasir

Penyakit lain yang dapat menggunakan obat herbal ketepeng adalah wasir. Daun berkhasiat ini akan menyembuhkannya hingga tidak muncul kembali.

13. Mengobati Susah Buang Air Besar

Saat ini beberapa produsen sudah berhasil membuat suatu racikan kering dari daun ketepeng, sebagai campuran teh. Pengobatan unik ini, memang khusus untuk mengatasi masalah susah buang air besar secara tradisional.

14. Mengobati Herpes

Untuk mengobati herpes, ambil 7 helai daun ketepeng dan 7 buah rimpang temu lawak, kemudian rebus dalam 120 ml air. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu. 

Tunggu hingga 10-15 menit, kemudian saring, dan minum air rebusan saat masih hangat. Lakukan sebanyak 1 kali sehari selama 14 hari.

Penutup

Selain itu, dapat menjadi tanaman hias, karena bunganya yang indah, Ketepeng Cina juga memiliki banyak kandungan. Saponin, alkaloid, steroid, tanin, antrakuinon, flavonoid dan juga karbohidrat adalah beberapa kandungan yang terdapat pada tanaman berkhasiat ini. 

Dan semua kandungan tersebut juga bermanfaat bagi manusia, sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaatnya yang paling populer adalah, sebagai obat penyakit kulit. Namun saat ini, tanaman herbal ini juga dapat bermanfaat, untuk mengobati penyakit lainnya.

Beberapa dari penyakit tersebut seperti hipertensi, herpes, sakit perut, sariawan, mengobati gigitan ular, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagikan Ke