Pidato Kelulusan Cover
Kelulusan Dan Contoh Pidato

Perpisahan SMA, SMP Dan SD: Pidato Kelulusan

Posted on

Pidato kelulusan sebaiknya dapat memberikan kesan kebahagiaan kepada para pendengarnya, walaupun tetap ada kesedihan di dalamnya.

Beritaku.Id, Organisasi Dan Komunikasi – “Ada saatnya kita bertemu, dan ada juga saat untuk berpisah”. Pidato kelulusan tersebut, awalnya hanya sebatas kata mutiara, sebelum akhirnya menjadi suatu kenangan indah semasa sekolah.

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Organisasi dan Komunikasi)

Pidato merupakan bagian dari suatu seremonial, yang terdapat pada suatu acara. Bentuk  dari acara tersebut dapat berupa acara kelulusan, peringatan, maupun perpisahan. Seorang pejabat atau salah satu dari siswa sekolah, biasanya akan membawakan suatu pidato, dalam acara kelulusan. 

Untuk menyampaikan suatu pidato yang komunikatif, perlu memperhatikan penggunaan tata bahasa dan pemahaman yang seksama. Tujuanya adalah, agar maksud dari pidato kelulusan tersebut, dapat tersampaikan dengan jelas dan baik, sesuai dengan harapan.

Apalagi, karena sifatnya yang harus dapat menggambarkan suatu kebahagiaan dan kesedihan secara bersamaan. 

Pengertian Pidato Kelulusan

Pengertian pidato kelulusan secara umum adalah, suatu aktivitas berbicara, dengan menggunakan atau tanpa naskah, pada acara wisuda.

Sedangkan isi dari pidato tersebut, dapat berupa ucapan terima kasih kepada setiap pendidik dan juga peserta wisuda. Selain itu, dapat juga berupa suatu cerita yang mengandung nostalgia, tentang kesan dan pesan selama bersekolah.

Baca juga beritaku: Retorika: Pentingnya, Sejarah Perjalanan, Definisi, 8 Unsur Utama

Susunan Bentuk Pidato Lulus Pendidikan

Susunan  & Bentuk Naskah
Pidato Kelulusan

Sebenarnya tidaklah sulit, untuk dapat membuat suatu naskah pidato, yang dapat membuat para pendengarnya terkesan.Selama mengetahui  langkah dan strukturnya secara tepat dan benar. Setiap tahapan pembuatannya, juga harus berurutan, dan tidak boleh ada yang terlewat.

Berikut ini adalah penjelasan tentang tahapan dalam membuat suatu naskah pidato kelulusan, yang dapat menggugah perasaan bahagia, sekaligus mengharukan.

Salam Pembuka

Awal dari sebuah pidato, sebaiknya adalah salam, untuk menghormati semua tamu yang hadir. Beberapa contoh dari salam pembuka yang umum, biasanya  seperti:  “Assalamu Alaikum WR WB”, atau  “Salam sejahtera.”

Kata Sambutan

Sebagai bagian dari bentuk penghormatan kepada tamu tertentu, maka kata sambutan sangat penting fungsinya, menjadi bagian dari naskah pidato.

Beberapa contoh dari bentuk kalimat kata sambutan adalah: 

  • “Yang saya hormati, Kepala Sekolah SMA XII”
  • “Yang berbahagia, para sahabat dari  kelas XII”
  • “ Adik-adik kelas yang sangat saya cintai”

Ucapan Syukur

Saat melakukan pidato, atau ketika sedang menyusun sebuah naskah pidato, sebaiknya ada bagian yang berisi ucapan syukur kepada Tuhan. Ucapan syukur tidak hanya terucap pada sebuah pidato keagamaan, namun tetap dapat menjadi unsur penting dalam pidato apapun.

Contoh dari kalimat yang berupa ucapan syukur yaitu,

“Marilah kita ucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas semua nikmatnya yang luar biasa. Salah satu dari hidayah tersebut adalah, kesehatan yang kita terima, hingga akhirnya kita semua dapat hadir, dalam keadaan sehat wal afiat”

Isi Pidato

Bagian dari suatu isi, merupakan inti dari naskah pidato. Pasalnya adalah, karena pembicara akan mengetengahkan secara rinci, tentang materi yang akan disampaikan. Untuk mempermudah para audiens memahami isi sebuah pidato, pembicara dapat menggunakan beberapa penanda seperti:

“pertama-tama…, yang kedua …, dan yang ketiga …”.

Semua penanda tersebut akan memudahkan penulis, dalam menyusun kerangka materi dari naskah pidatonya. 

Penutup Pidato

Suatu penutup pidato kelulusan yang baik, akan dapat menimbulkan rasa simpati para audiensnya. Bagian dari kalimat penutup suatu pidato, dapat berisi tentang:

  • Kesimpulan secara singkat dari uraian pidato yang telah berjalan.
  • Berupa permintaan maaf, kepada para tamu atas kekhilafan yang mungkin terjadi, secara sengaja maupun tidak sengaja.
  • Salam penutup, yang dapat juga berisi kutipan dari quote, pantun atau kalimat bijak dari para tokoh besar. Sesuaikan saja dengan situasi yang ada.

Contoh pertama dari  kalimat penutup:

“Para hadirin semua, demikian sambutan saya kali ini. Apabila ada kata-kata yang salah, ijinkan saya untuk dapat memohon maaf terlebih dahulu. Jika ada sumur di ladang, ijinkan kita menumpang mandi. Jika berumur panjang, semoga kita dapat berjumpa lagi! Sekian, dan terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”

Contoh kedua dari kalimat penutup:

“Demikianlah pidato ini kami sampaikan, semoga kita dapat memulainya dengan awal yang lebih baik. Ijinkan saya untuk memohon maaf, apabila terdapat kesalahan yang tidak sengaja dalam menyampaikan pidato ini. Terima kasih atas waktunya, dan akhir kata saya ucapkan Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”.

Metode Pidato 

Metode suatu pidato, dapat menggunakan beberapa cara, yang antara lain seperti,

Tujuan Pembuatan Naskah Pidato Kelulusan

  • Menyampaikan pesan kepada pendengar, agar dapat menerimanya dengan baik.
  • Memberi suatu pemahaman, atas suatu kondisi kepada orang lain.
  • Memberikan kesan bahagia dan terharu kepada orang lain.

Ciri-Ciri Naskah Pidato Kelulusan

  • Memiliki kerangka tujuan yang jelas
  • Sangat mudah untuk memahami isi dari materinya
  • Bersifat objektif
  • Memiliki wawasan yang dapat menarik pendengarnya
  • Terdapat kesimpulan pada bagian akhir

Contoh Pidato Kelulusan SMA / SMK

Contoh Pidato Kelulusan SMA/SMK
Pidato Kelulusan SMA/SMK

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera, kepada seluruh para hadirin.

Pertama-tama, marilah kita memanjat kan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas semua karunianya kepada kita semua. Karena tanpa hal itu, kita tidak dapat berkumpul di gedung ini. Terimakasih juga, karena sudah memberikan  rezeki berupa kelulusan kepada rekan-rekan pelajar SMA 12.

Kepada yang terhormat, Kepala Sekolah dan para guru pendidik SMA 12 semuanya.

Yang saya hormati, para wali dan orang tua yang hadir, dan juga teman-teman sekalian yang saya cintai

Ucapan terimakasih saya haturkan juga kepada seluruh tenaga pendidik, atas semua sumbangan ilmunya, yang telah membuat kami berhasil mendapatkan kelulusan. Semoga di masa depan, dapat membuat kami semua menjadi manusia yang bermanfaat di hadapan masyarakat.

Kami juga mengharapkan akan doa restunya, agar kami dapat meraih suatu kesuksesan satu hari nanti, sesuai dengan cita-cita selama ini.

Dan dalam kesempatan ini, ijinkan kami untuk dapat meminta maaf dengan segala kerendahan hati. Kalau saja dalam  tiga tahun terakhir, ada kalimat dan tindakan kami yang menyakiti hati Bapak dan Ibu guru.

Sekian pidato saya, dan mohon maklum, apabila masih banyak kekurangan dalam pidato ini. Terima kasih.

Contoh Pidato Kelulusan SMP

Pidato Kelulusan Murid SMP
Pidato Kelulusan Siswa SMP

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat kepala sekolah, dan juga Bapak dan Ibu guru SMP 12 Surabaya, beserta seluruh staf pekerja.Dan tidak lupa juga, saya haturkan salam hormat, kepada  seluruh teman-teman siswa yang saya cintai.

Pertama- tama, marilah kita ucapkan rasa syukur kehadirat Tuhan, yang telah mengijinkan kita semua, hingga akhirnya dapat berkumpul bersama.

Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh tim panitia, yang telah bekerja keras dalam menyiapkan acara kelulusan ini. Dan saya sebagai perwakilan dari siswa SMP 12 Surabaya, juga ingin menyampaikan, bahwa kami menghargai dedikasi para guru selama ini.

Tiga tahun bukanlah waktu yang singkat, untuk selalu membina, dan memberikan kami begitu banyak ilmu yang sangat berharga. Oleh sebab itu, saya merasa sangat terharu, karena harus meninggalkan sekolah tercinta ini. Namun di sisi lain, kami juga merasakan kebahagiaan akan kelulusan ini.

Terima kasih sekali lagi saya ucapkan kepada seluruh Bapak dan Ibu guru, yang telah mendidik kami dengan kesabaran dan ketekunanya. Kami menyadari bahwa tidaklah mudah untuk dapat mencapai suatu kesabaran. 

Jika ada perbuatan dan kalimat yang pernah melukai hati Bapak dan Ibu guru, saya mewakili siswa lainnya, ingin memohon maaf. Kami mengharapkan doa restu dari Bapak dan Ibu guru semua, agar kami dapat mendapatkan kesuksesan di kemudian hari.

Sedangkan bagi para adik-adik kelas, kami ingin menyampaikan, bahwa jangan pernah merasa cepat puas akan suatu ilmu. Karena pada dasarnya, ilmu itu tidak berbatas. Jadi, tuntutlah ilmu hingga ke negeri seberang.

Sekian pidato yang saya sampaikan ini,  dan saya mohon maaf, jika ada salah kata dalam menyampaikan pidato ini. Terima kasih.

Contoh Pidato Kelulusan SD

Contoh Pidato Kelulusan Siswa SD
Pidato Kelulusan Siswa SD

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarakatuh

Pertama-tama, marilah kita ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat, serta  hidayahnya kepada kita semua. Shalawat dan salam juga kita tuturkan kepada  Nabi Muhamad SAW, yang sudah mengajarkan kebaikan yang sesungguhnya bagi Umat Islam. 

Kepada yang kami hormati, Bapak kepala sekolah, beserta dengan seluruh jajaran guru dan staf di SDN Manggarai Jakarta. Dan juga yang kami hormati, Bapak dan Ibu wali murid yang hadir, beserta teman-teman siswa semuanya.

Saya berdiri di depan mimbar ini, ingin menyampaikan serangkaian kata  dan pesan, tentang pengalaman kami, selama  menempuh pendidikan. Mengingat enam tahun bukanlah masa yang singkat, membuat kami akan selalu menghargai, jasa para Bapak dan Ibu guru sekalian.

Berkat jasa dan kesabaran itu, akhirnya membuat kami menjadi murid yang dapat membaca, berhitung, dan menjadi manusia berilmu. Berkat jasa para guru, membuat kami juga mampu untuk bisa menjadi seseorang yang sukses di kemudian hari.

Dengan semua bekal ilmu tersebut, menjadikan kami sebagai generasi muda penerus bangsa yang ahli dalam bidang masing-masing. Semoga amal dan kebaikan serta dedikasi Bapak dan Ibu guru sekalian, mendapatkan berkah dari  Allah SWT.

Apabila selama ini ada perbuatan maupun ucapan kami yang salah dan tidak berkenan di hati Bapak dan Ibu guru, terima lah permohonan maaf kami.

Selain itu, kami sebagai kakak kelas, hanya ingin mengucapkan satu pesan “belajarlah dengan giat dalam menimba ilmu”. Karena semua ilmu yang kalian terima saat ini, akan bermanfaat di masa depan. 

Demikianlah kesan dan pesan yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini. Mewakili seluruh pelajar SD Manggarai Jakarta, saya akhiri dengan ucapan, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Penutup

Naskah pidato, merupakan bentuk komunikasi satu arah, dengan tujuan untuk dapat mengekspresikan ungkapan hati atau perasaan kepada banyak orang. Pidato kelulusan  yang baik, sebaiknya dapat memberikan kesan positif kepada para pendengarnya. 

Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi, dan juga menuangkan naskah tertulis dalam pidato dengan baik, menjadi sangat penting. Tujuannya adalah, agar semua orang yang mendengar pesan dalam suatu pidato, dapat menerimanya dengan jelas, dan sesuai dengan harapan.

Baca juga beritaku: Orasi Dan Pidato: Sejarah, Definisi, Persamaan Dan 5 Perbedaan

Bagikan Ke